Pagi Ini Pengguna KRL Commuter Line Jabodetabek Naik 10-30 Persen

Kereta KRL Commuter Line saat pelaksanaan PSBB di Jabodetabek.
Sumber :
  • VIVA/Willibrodus

VIVA – Meskipun sempat diisukan akan mengalami lonjakan kepadatan penumpang usai libur panjang Tahun Baru Islam dan cuti bersama pada akhir pekan lalu, namun PT Kereta Commuter Indonesia atau PT KCI melaporkan, kondisi di sejumlah stasiun pada Senin pagi 24 Agustus 2020 terpantau kondusif. Ada peningkatan jumlah penumpang KRL sekitar 10-30 persen di beberapa stasiun di Bogor dan Depok pada pagi hari ini.

Vice President Corporate Communications PT KCI, Anne Purba menjelaskan, hingga pukul 07.00 WIB pagi tadi, total pengguna KRL secara keseluruhan tercatat mencapai 75.693 pengguna.

"Angka ini meningkat dibandingkan Senin (10/8) di waktu yang sama, di mana terdapat 70.072 pengguna," kata Anne dalam keterangan tertulisnya, Senin 24 Agustus 2020.

Anne menjelaskan, perbandingan ini menggunakan data hari Senin dua pekan lalu, karena pada Senin pekan lalu 17 Agustus adalah hari libur nasional peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75.

Dia memastikan, antrean penyekatan pengguna KRL tetap ada di sejumlah stasiun yang menjadi titik keberangkatan, dan masih berlangsung secara tertib. Di stasiun-stasiun padat seperti Stasiun Bogor, Stasiun Cilebut, Stasiun Bojong Gede, dan Stasiun Citayam, hingga pukul 07.00 WIB tercatat jumlah pengguna KRL naik dibandingkan data hari Senin 10 Agustus 2020.

Misalnya di Stasiun Bogor, terdapat 6.776 pengguna atau meningkat dari 5.113 pengguna, pada waktu yang sama dua pekan lalu. Sementara di Stasiun Bojong Gede terdapat 6.256 pengguna atau meningkat 12 persen, dan di Stasiun Cilebut tercatat 3.705 pengguna atau meningkat 10 persen.

Kemudian di Stasiun Citayam terdapat 5.573 pengguna atau meningkat 30 persen, dibanding Senin 10 Agustus pada waktu yang sama di mana tercatat 4.274 pengguna. 

"Walaupun terdapat kenaikan, namun secara umum kondisi di sejumlah stasiun tetap stabil dan terkendali," ujarnya.

Sebagai informasi, sebelum jadwal keberangkatan, para pengguna KRL dapat melihat info kepadatan dan posisi antrean di stasiun-stasiun melalui versi terbaru aplikasi KRL Access, yang telah tersedia untuk android maupun iOS.

Sebagian dari pengguna juga diharapkan mengikuti imbauan untuk mengatur waktu perjalanannya, dengan memanfaatkan akhir pekan untuk kembali ke Jakarta atau lokasi aktivitasnya dan sebisa mungkin menghindari jam-jam sibuk.

PT KCI hari ini tetap mengoperasikan 975 perjalanan KRL per hari, dengan waktu operasional pukul 04.00 WIB-21.00 WIB sesuai dengan pola operasi di masa PSBB Transisi. (ren)