Anies Diperiksa Polda, Wagub Riza: Pak Gubernur Tidak Kecewa

Anies Baswedan jalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan bersama jajaran pejabat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menjalani proses pemeriksaan di kantor Mapolda Metro Jaya Jakarta, Selasa, 17 November 2020. 

Anak buah Anies itu terdiri atas wali kota Jakarta Pusat, kepala Satuan Polisi Pamong Praja, camat, lurah, dan juga kepala Biro Hukum Provinsi DKI Jakarta. Mereka menjalani pemeriksaan terkait kerumunan pada acara pernikahan putri Imam Besar Front Pembela Islam, Habib Rizieq Shihab dan juga pada acara Maulid Nabi Muhammad SAW.

“Kemarin dari jam 10 sampai malam pak gubernur dan jajaran memberi klarifikasi terkait kegiatan pernikahan anak Habib Rizieq Shihab dan Maulid Nabi di Petamburan,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria di kantornya, Jakarta Pusat, Rabu, 18 November 2020. 

Riza menuturkan, apa yang disampaikan oleh Gubernur Anies bersama jajaran pejabat lainnya kepada penyidik Polda Metro Jaya itu sesuai dengan data dan fakta yang ada.

“Jadi kami sebagai warga negara hadir dan menyampaikan klarifikasi sesuai data dan fakta apa adanya, tidak dilebihkan dan dikurangkan. Mudah-mudahan ini bisa memberi keterangan sejelas-jelasnya dan dapat digunakan untuk kepentingan pembangunan ke depan,” katanya.

Tentunya, apa yang dilakukan oleh Gubernur Anies mendatangi kantor polisi untuk memberikan klafirikasi itu merupakan contoh yang baik sebagai pemimpin kepala daerah.

“Pak gubernur sudah memberi contoh yang baik dengan hadir, tidak kecewa, dan tidak marah, mengikuti semua proses. Saya yakin semua proses ini akan berjalan baik dan lancar. Jadi masyarakat diharapkan nggak usah berspekulasi. Kami hormati klarifikasi ini,” ujarnya.

Semalam, Anies menyampaikan ada 33 pertanyaan yang disampaikan oleh penyidik dan itu akan menjadi laporan panjang 23 halaman. Dan itu semua pertanyaan sudah dijawab dan sesuai dengan data dan fakta, sehingga tidak ditambah dan dikurangi.

Baca juga: Irjen Fadil Jadi Kapolda Metro, Kandidat Kapolri Tak Terdeteksi