Viral Bendera Merah Putih Selang-Seling di Jaksel, Ini Kata Polisi

Bendera merah putih dengan warna yang selang-seling.
Sumber :
  • istimewa

VIVA Metro – Viral di media sosial sebuah video yang memperlihatkan satu bendera merah putih dengan warna yang selang-seling. Bendera itu nampak berkibar di sekitar kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Dalam video yang beredar, perekam mengaku kaget melihat adanya bendera merah putih dengan warna yang selang-seling itu terpasang.

"Ada yang tahu bendera apa? Bendera negara mana? Bendera sekte apa? Indonesia secara resmi menggunakan bendera merah putih sejak 17 Agustus 1945, lalu merah putih selang-seling ini sejak kapan?" tulis keterangan dalam unggahan video yang beredar. 

Baca juga: Pasukan China Dekati Taiwan, Beijing Panggil pada Dubes Eropa

Kapolsek Pasar Minggu, AKP David Richardo, mengatakan bahwa bendera dengan warna merah putih selang-seling itu merupakan umbul-umbul. Saat ini, umbul-umbul tersebut telah diturunkan pihak kepolisian.

"Sudah diturunin (umbul-umbulnya)," ujar David saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu, 6 Agustus 2022.

Memasang bendera merah putih sebagai wujud nasionalisme

Photo :
  • vstory

Lebih lanjut, David menyebut pihaknya saat ini tengah mencari oknum yang memasang umbul-umbul seperti bendera merah putih tersebut. Menurutnya, oknum yang memasang tidak mengetahui perbedaan antara bendera dengan umbul-umbul.

"Untuk pemasangannya belum dapat dipastikan, anggota sedang menanyakan kepada warga sekitar. Intinya masih dicari (pemasang umbul-umbul), tapi mungkin oknum itu enggak tau bedanya, mana umbul-umbul dan mana bendera," jelasnya.