Polisi Amankan Warga Cirebon dan 4 Buku Tebal

Buku yang berisi bom di Utan Kayu
Sumber :
  • tvone

VIVAnews - Lebih dari lima anggota polisi bersenjata laras panjang menggerebek dua lokasi kontrakan di kawasan Pondok Kopi, Jakarta Timur. Empat orang diamankan. Salah satu yang diamankan adalah warga Cirebon dengan barang bukti buku-buku tebal.

"Satu orang yang dibawa itu namanya Darto. Dia mengaku asal Cirebon," kata Zain Aminuddin, tetangga kontrakan yang digerebek di Desa Rawadas RT 01 RW 03, Kelurahan Pondok Kopi, Jakarta Timur, Kamis 21 April 2011.

Menurut Zain, di kontrakan yang digerebek itu sebenarnya berisi tiga penghuni. Saat Darto diamankan, dua rekannya tidak diketahui ke mana perginya.

Apa profesi Darto dan dua rekannya? Dalam kesehariannya, ketiganya berjualan penganan agar-agar dan mainan anak-anak. Tetapi, Darto dan dua rekannya itu termasuk penghuni yang tertutup.

"Tiga orang yang tinggal di situ sering pakai baju koko (baju muslim)," kata Zain. Menurut dia, polisi tidak hanya membawa Darto, tapi juga sejumlah barang.

"Polisi membawa empat buku tebal. Buku seperti yang bom buku beberapa waktu lalu itu," kata Zain. Darto dan tiga rekannya baru sekitar tiga bulan tinggal di lokasi ini.

Menurut informasi yang diterima VIVAnews.com, penggerebekan ini terkait teror bom buku yang terjadi beberapa waktu lalu.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Polisi Anton Bahrul Alam belum mendapat laporan atas penangkapan ini. "Saya akan cek dulu," kata Anton saat dihubungi VIVAnews.com. (art)