Ke Mana Monyet Jakarta Dilepasliarkan?

Razia Topeng Monyet di Jakarta Timur
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews - Monyet yang merupakan pekerja hiburan rakyat topeng monyet yang ditertibkan dari jalan Jakarta, akan dilepasliarkan di kawasan hutan Suaka Margasatwa Cikepuh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Dari 67 monyet eko panjang yang ada di Suaka Margasatwa Cikepuh, ada delapan monyet ekor panjang yang akan dikaji ulang sebelum dilepas oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat. Kajian ini meliputi perilaku dan medis monyet.

Menurut Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Bogor, Ari Wibawanto, pihaknya masih mendalami dan mengkaji rencana pelepasliaran hewan jenis monyet ini oleh Pmprov DKi Jakarta di Suaka Margasatwa Cikepuh.


Ari menambahkan dalam pengkajian kawasan untuk pelepas liaran monyet tersebut, pihaknya bekerjasama denga beberapa lembaga konservasi. Sebab di kawasan Suaka Margasatwa Cikepuh memang banyak habitat monyet ekor panjang seperti yang sering dijadikan topeng monyet,


"Namun kami harus menguji, jangan sampai ketika dilepasliar akan terjadi masalah baru nantinya," katanya.


Hutan Suaka MArgasatwa Cikepuh, Kabupaten Sukabumi, berbatasan dengan Cagar Alam Cibanteng yang memang menjadi habitat monyet ekor panjang. Ari menambahkan, kawasan hutan tersebut pada tahun 2002 setengah hutan dari luasnya yang mencapai 8.127 hektar sempat dirambah ribuan warga, akan tetapi kondisi sekarang sudah kembali normal dengan ditanami pohon endemik daerah tersebut.


"Habitat monyet ekor panjang kembali banyak, selain monyet di kawasan tersebut juga menjadi habitat sekaligus tempat bertelurnya penyu hijau dan penyu belimbing," katanya.


Rizki Gustana/Sukabumi