Waspada, Tiga Hari Ini Jabodetabek Diterjang Hujan Angin

Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA.co.id - Warga Jakarta dan kota-kota penyangga dihimbau untuk meningkatkan kewaspadaan akan datangnya hujan deras dan angin kencang hingga tiga hari ke depan.

"Kami imbau untuk tetap waspada. Ini kondisi peralihan musim atau pancaroba. Kita prakirakan sampai tiga hari ke depan. Terutama di Jabodetabek bagian selatan," kata Kepala Bidang Informasi Meteorologi Publik BMKG, A Fachri Radjab, Senin, 4 Mei 2015.

Fachri menjelaskan, berdasarkan pengamatan cuaca BMKG, saat ini adalah waktu di mana tengah berlangsung masa peralihan musim alias pancaroba dari musim hujan ke musim panas. Kondisi ini memicu cuaca yang tak menentu, seperti cuaca panas di pagi hari dan hujan deras di sore hari.

"Ada pergerakan veksika massa udara dan pergerakan massa udara pertemuan angin di sekitar Jawa bagian barat. Itulah yang menyebabkan hujan di sore hari."

Sebelumnya, pada Minggu, 3 Mei 2015 wilayah Jabodetabek diguyur hujan pada sore hari.  Akibatnya, sejumlah titik ruas jalan dan permukiman terendam banjir dengan ketinggian bervariasi.

(mus)