Pos Indonesia Terbitkan 40.000 Lembar Prangko Seri Asian Games

PT Pos indonesia menerbitkan prangko seri Asian Games
Sumber :

VIVA – Asian Games adalah ajang olahraga bergengsi yang diselenggarakan Dewan Olimpiade Asia (OCA/Olympic Council of Asia). Serupa Olimpiade, Asian Games diadakan setiap empat tahun dan edisi ke-18 diselenggarakan di Jakarta-Palembang pada Agustus 2018.

Gelaran yang akan berlangsung pada 18 Agustus 2018 hingga 2 September 2018 ini akan dilaksanakan di Gelanggang Olahraga Bung Karno Jakarta dan Jakabaring Sport City Palembang. Ajang pesta olahraga ini diikuti sekitar 15.000 atlet dari 45 negara di Asia yang berlaga di 42 cabang olahraga.

Sebagai bentuk partisipasi, PT Pos Indonesia melalui Kelompok Kerja Prangko Nasional (Porjanas) akan menerbitkan prangko seri Asian Games. Seri Asian Games tersebut terdiri dari dua seri, seri pertama berupa prangko dan edisi khusus sudah terbit tanggal 18 Januari, kemudian seri kedua akan diluncurkanbersamaan dengan pembukaan Asian Games tanggal 18 Agustus 2018.

Dalam kesempatan ini, Pos Indonesia akan meluncurkan seri prangko sebanyak 40.000 lembar, Kopur  sebanyak  3.000 lembar, souvenier sheet 12.000 set seharga Rp15.000, SHP (sampul hari pertama) 2.000 set seharga Rp23.000 serta edisi khusus Jakarta-Palembang masing masing 2.000 set. Adapun 9 cabang olahraga yang dicetak ilustrasinya ialah, sepak bola, volley, renang indah, basket, badminton, judo, berkuda, serta souvenir sheet, silat dan volley.

Prangko tersebut dapat dibeli di beberapa kantorpos besar seluruh Indonesia, namun jumlahnya sangat terbatas karena Pos Indonesia memfokuskan pemasarannya terutama untuk edisi khusus ditempat pelaksanaan Asian Games yaitu Jakarta-Palembang. Pos Indonesia akan membuka booth di venue acara untuk menjual barang barang tersebut sepanjang periode pelaksanaan Asian Games 18 Agustus hinggal 2 September 2018.

“Pos Indonesia optimistis peluncuran serta penjualan prangko serta edisi khusus Asian Games ini akan sukses di pasaran, di latar belakangi oleh esklusifnya edisi ini,” ujar Agung selaku VP Filateli.

Kesuksesan penjualan prangko serta edisi khusus ini tentu sudah terasa sejak awal peluncuran dimana para kolektor baik itu HPFI atau Pedagang telah inden, serta Inasgoc telah mempunyai stock khusus untuk dipasarkan, Pos Indonesia berstrategi dengan hanya mencetak 2.000 edisi khusus ini untuk mendongkrak kemauan pasar.