Ini Dia Prangko Tua Termahal di Dunia, Harganya Hampir Rp132 Miliar!

Prangko tua.
Sumber :

VIVA Lifestyle  – Apa yang ada di benak kamu saat mendengar benda termahal yang dinilai berdasarkan beratnya? Bisa dipastkan tentu, batu berlian, hasil karya seni, atau barang mewah lainnya bukan?

Prabowo Berkelakar Singgung Senyuman Berat, Anies: Kan Beliau yang Alami, Kita Biasa Aja

Namun ternyata tidak hanya benda-benda tersebut yang menjadi benda termahal di dunia jika dilihat berdasarkan berat barangnya. Tapi, ada sebuah prangko tua dengan ukuran kecil yang nilainya sangatlah fantastis. Tentu kamu sulit mempercayai hal ini.

Sulit dipercaya memang, bahwa prangko sederhana dapat dianggap sebagai benda sangat mahal. Namun faktanya memang benar adanya, jika prangko klasik tahun 1856 ini dianggap sebagai benda termahal di dunia menurut beratnya, dengan nilai harga US$ 8,5 juta atau setara dengan Rp131,6 miliar, seperti yang dilansir dari laman Oddity Central.

Polisi Ungkap Narkoba LSD dari Jerman Sasar Remaja di Jakarta, Berbentuk Prangko Motif Kartun

Prangko tua

Photo :

Dunia ini penuh dengan benda-benda berharga, mulai dari perhiasan hingga karya seni langka, tetapi jika menyangkut nilai per gram, tidak ada yang mendekati 'The British Guyana One-Cent Black on Magenta', prangko satu-satunya yang beratnya hanya 40 miligram tetapi bernilai sekitar US$8,5 juta atau RP 131,6miliar. 

5 Fakta Unik soal Hujan, Mirip Hamburger

Sebagai perbandingan, rata-rata berlian 0,2 karat (yang juga berbobot 40 miligram) berharga sekitar US$700, sedangkan jumlah LSD yang sama berharga sekitar US$5.000. Tidak ada objek yang dapat dibandingkan dengan stempel ultra-langka ini dalam hal nilai per berat.

Lantas apa sih yang membuat prangko The British Guyana One-Cent Black on Magenta ini begitu mahal? Ternyata, disebutkan lebih lanjut prangko berumur lebih dari satu abad  ini tak lain tak bukan adalah barang suci para kolektor prangko di seluruh dunia. Jadi wajar saja, jika barang tersebut memiliki nilai fantastis. 

Ini mungkin prangko yang paling terkenal dan didambakan yang ada, hanya karena ini adalah satu-satunya dari jenisnya.  Sementara sebagian besar prangko yang dapat dikoleksi memiliki banyak salinan yang beredar, perangko khusus ini adalah satu-satunya spesimen.

Menariknya, The British Guiana One-Cent Black on Magenta bahkan bukan perangko asli. Pada tahun 1856, sebuah kantor berita lokal di Guyana Inggris mencetak sejumlah lembar kertas yang dihiasi dengan gambar kapal bertiang tiga dan moto koloni, 'Kami memberi dan mengharapkan imbalan,' untuk sementara menggantikan sekumpulan prangko. kepala kantor pos dianggap palsu.

Prangko tua.

Photo :

Prangko pengganti ini dikeluarkan dari peredaran hanya dalam beberapa minggu, setelah sejumlah prangko baru dibawa masuk, tetapi 17 tahun kemudian, pada tahun 1873, seorang anak laki-laki berusia 12 tahun menemukan satu di antara surat-surat pamannya dan menjualnya kepada seorang kolektor perangko lokal. Maju cepat 150 tahun dan selembar kertas magenta kecil itu adalah benda paling berharga di dunia menurut beratnya.

British Guiana One-Cent Black on Magenta melewati tangan 9 pemilik hingga Juni 2021, ketika dibeli oleh sebuah perusahaan bernama Stanley Gibbons. Namun sekarang, perangko paling berharga di dunia memiliki ratusan, mungkin ribuan pemilik.

Stanley Gibbons memutuskan untuk menjual bagian dari The British Guyana One-Cent Black di atas stempel Magenta seperti saham sebuah perusahaan. Prangko itu dibagi menjadi 80.000 keping atau saham yang dapat dibeli siapa saja seharga US$120 per keping. Kedengarannya seperti investasi yang bagus, karena nilai barang koleksi yang sangat langka ini diperkirakan akan meningkat seiring berjalannya waktu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya