Djarot: Ahok Minta Pendukungnya Tak Golput

Mantan Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat.
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA –  Basuki Tjahaja Purnama, alias Ahok disebut telah meminta para pendukungnya untuk mengambil sikap di Pilpres 2019, dengan mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Hal itu dikatakan kolega Ahok, sewaktu memimpin DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, saat menjenguk di Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, beberapa waktu lalu.

Sebelum bersama Djarot, Ahok merupakan wakil gubernur mendampingi Jokowi, meski sempat berpisah karena terpilih menjadi Presiden.

"Ahok otomatis jelas dukungan ke Pak Jokowi. Apapun yang diambil Pak Jokowi, beliau pasti mendukung," kata Djarot di Posko Rumah Cemara, Jakarta, Selasa 16 Oktober 2018.

Djarot membantah kabar bahwa pendukung Ahok akan memilih abstain atau golput (golongan putih) di pemilu nanti. Dukungan itu juga telah disampaikan secara resmi. Menurut Ahok, kepemimpinan Jokowi selama lima tahun perlu dilanjutkan.

"Saya juga ditanya soal relawan teman Ahok, sudah declare. Artinya, Pak Ahok juga menyiasati supaya tak terjadi golput," ujarnya.

Sebelumnya, sekelompok relawan yang bernama 'Teman Ahok' menyatakan dukungannya kepada pasangan Joko Widodo-Maruf Amin untuk Pemilihan Presiden 2019. Demi menggalang dukungan yang lebih luas, Teman Ahok pun telah bertransformasi menjadi gerakan Sejuta Teman.

"Sikap ini diambil setelah melalui berbagai diskusi, pertimbangan, bahkan jajak pendapat di sosial media Teman Ahok. Hasilnya mayoritas responden kami di sosial media menyatakan,  kami perlu terlibat mengawal Pilpres 2019, dan arah dukungannya ke pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin," kata Pendiri Teman Ahok, Mohammad Fathony di Jakarta, Selasa 28 Agustus 2018.