Air Danau Toba Tercemar, Luhut Sedang Ambil Langkah Perbaiki

Menko Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA – Kondisi air Danau Toba, Sumatera Utara yang tercemar diduga disebabkan bangkai ikan yang dibuang ke Danau Terbesar di Asian itu. Ternyata sudah menjadi pembahasan khusus di Kementerian Kordinator Maritim. 

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Koordinator (Menko) Maritim, Luhut Binsar Pandjaitan kepada wartawan, usai menghadiri acara  sebagai pembicara pada kuliah umum di Auditorium Universitas Sumatera Utara di Medan, Senin siang, 18 Februari 2019.

"Lagi kita kaji dan sedang dipelajari dengan benar," ucap Luhut dengan tegas.

Luhut mengatakan pihaknya sudah mengambil langkah-langkah untuk memperbaiki kondisi air di danau vulkanik terbesar di dunia itu seperti semula. Kemudian, siap membuat langkah-langkah untuk melindungi alam Danau Toba dari pihak atau oknum melakukan merusak alam itu.

"Kita berharap tidak terlalu lama, ada langkah-langkah baik untuk itu (memperbaiki pencemaran di Danau Toba)," kata Luhut.

Namun saat ditanyakan lebih detail soal langkah apa dilakukan Luhut. Sejumlah pengawalnya langsung mendorong wartawan yang sedang melakukan wawancara dan tanya jawab terhenti. Kemudian, Luhut berlalu meninggalkan Kampus USU.

"Sudah ya, sudah ya. Silakan jalan mas," ucap seorang pengawal mengenakan kemeja putih sambil membuka jalan untuk Luhut dari kerumunan wartawan. (sah)