Menkes Apresiasi Keberhasilan Malut Turunkan Angka Malaria

Menkes Nila Moeleoek memberikan apresiasi keberhasilan Pemerintah Provinsi Maluku Utara turunkan angka malaria. (Foto: Dokumen TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Menkes Nila Moeloek menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut) karena telah berhasil menurunkan angka malaria.

Menkes Nila menilai bahwa hal ini tidaklah mudah, karena pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, perlu adanya dukungan dari banyak pihak khususnya masyarakat sebagai kader.

“Jika Malut bisa mengeliminasi malaria, seharusnya dapat memacu daerah lain dan saya rasa ini layak untuk diberikan apresiasi dunia,” kata Menkes Nila Moeloek dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (4/4/2019).

Inovasi yang dilakukan oleh masyarakat dengan menanam tanaman anti nyamuk menurutnya bisa mengurangi ancaman malaria.

"Ini cukup sederhana dan mudah, manusia itu suka bunga, sedangkan nyamuk tidak suka bunga dan manusia tidak suka nyamuk," tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Maluku Utara yang diwakili oleh Asda Sekda Provinsi Maluku Utara Anwar Husein menyebutkan bahwa pada tahun 2014-2019, kasus malaria turun secara signifikan, dari 4.451 kasus menjadi 557 kasus. “Ini merupakan salah satu kebanggaan dan apresiasi untuk semua yang terlibat dalam percepatan penurunan angka malaria," ungkapnya. (*)