Momen Unik di Pelantikan Menteri Kabinet Indonesia Maju

Pelantikan Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro

VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik 34 menteri dan empat pejabat setingkat menteri di Istana Negara pada Rabu, 23 Oktober 2019. Ada kejadian unik saat pelantikan tersebut, dari lupa salaman hingga mencium tangan.

Menteri yang menarik perhatian, yakni pendiri Gojek Nadiem Anwar Makarim, Johnny G Plate, Teten Masduki, politisi PKB Ida Fauziah, Abdul Halim Iskandar dan Erick Thohir ketika menerima petikan Surat Keputusan Presiden (Keppres) terkait penugasan mereka menjadi menteri Kabinet Indonesia Maju untuk lima tahun ke depan.

Dari siaran tvOne, dengan satu per satu para menteri dipanggil menerima petikan SK dari Jokowi. Kemudian, mereka juga langsung berjabat tangan dengan Kepala Negara.

Mahfud MD dipanggil pertama mengambil SK sebagai calon Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan. Dia menyalami Jokowi, Ibu Negara Iriana, Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Ibu Wapres Wury Estu Handayani. Dilanjut Airlangga Hartarto calon Menteri Koordinator Perekonomian, calon Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, calon Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Kemudian Prabowo Subianto hingga Sri Mulyani juga terlihat menyalami Jokowi, Iriana, Ma’ruf Amin dan Wury Estu. Giliran Nadiem Makarim, dia tampak grogi dengan protokoler Istana.

Usai menyalami Jokowi, Nadiem terlihat akan berjalan ke arah kiri tapi sejumlah pejabat di belakang Jokowi menunjukan arah ke kanan. Namun Nadiem yang ditunjuk jadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini berjalan ke arah belakang Jokowi, sehingga tak menyalami Iriana, Ma'ruf Amin dan istri.

Tak cuma Nadiem, ada dua menteri lain yang juga 'lupa' menyalami Iriana, Ma'ruf Amin dan Wury Estu. Mereka, yakni Johnny G Plate yang diangkat jadi Menkominfo serta Teten Masduki yang ditunjuk jadi Menteri Koperasi dan UKM.

Sementara Ida Fauziah yang maju mengambil petikan SK pengangkatan dirinya menjadi Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, seperti calon menteri lainnya juga salaman dengan Jokowi dan Iriana. Namun, Ida terlihat mencium tangan Abah Ma’ruf dan cium pipi kanan dan kiri dengan Wury Estu.

Selain Ida, Abdul Halim Iskandar yang diangkat menjadi Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal serta Erick Thohir yang menjadi Menteri BUMN juga mencium tangan Ma'ruf Amin usai menerima SK menteri.