AHY Desak Presiden Jokowi Lakukan Lock Down Jangka Pendek

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) Terpilih Menjadi Ketum Partai Demokrat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

VIVA – Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, turut menyoroti kondisi bangsa yang saat ini tengah memprihatinkan karena virus corona atau covid-19. Karena itu Partai Demokrat menyampaikan enam rekomendasi kepada Pemerintah dalam menanggulangi pandemi virus corona.

Pertama adalah merekomendasikan pemerintah melakukan lockdown dalam jangka pendek, terutama di kota-kota yang paling berat terinfeksi corona sampai dianggap aman untuk dibuka kembali. Dengan sementara membatasi  pergerakan manusia dalam sebuah wilayah dan dengan tetap menjaga kelancaran arus  barang, terutama bahan-bahan pokok, 

"Dengan begitu maka diharapkan bisa  meminimalisir menyebaran virus corona. Lockdown pasti akan berdampak pada ekonomi, tapi keselamatan manusia dan masyarakat adalah yang pertama dan utama," kata AHY, Jumat 20 Maret 2020

Kedua, kata AHY, Melakukan upaya penghentian penyebaran virus Corona di seluruh Indonesia secara intensif, masif dan terkoordinasi. Kebutuhan melakukan rapidtest secara masif untuk mendeteksi dan mengantisipasi penyebaran virus, makin mendesak saat ini.  

"Kami juga memandang perlunya perbaikan akurasi serta transparansi data dan informasi terkait peta penyebaran corona, agar masyarakat lebih waspada dan kebijakan penanganannya lebih cepat dan tepat," ujarnya.

Rekomendasi yang ketiga, yakni melakukan realokasi anggaran dan prioritas pembiayaan yang  
diperlukan dalam operasi penanggulangan virus corona, utamanya fasilitas kesehatan. Realokasi utamanya dari sektor-sektor yang bisa ditunda, khususnya untuk meningkatkan kapasitas fasilitas dan tenaga kesehatan. 

"Saat ini, langkah-langkah itu memang sebaiknya diarahkan di perkotaan karena tingkat kerentanan dan kepadatan penduduk yang tinggi. Tetapi, daerah juga harus dipersiapkan karena fasilitas di daerah cenderung masih terbatas. Jangan sampai kita terkejut dan terlambat," ujarnya.

Rekomendasi keempat, yakni memberikan bantuan kepada kelompok-kelompok masyarakat yang sangat terpuruk dalam krisis ini. Kepada kelompok yang paling rentan kehilangan pekerjaan dan pendapatan akibat krisis corona ini. Menurut AHY, perlu diberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) atau program jaring pengaman sosial lainnya. 

"Tujuannya untuk menjaga tingkat daya beli masyarakat, khususnya yang terkategori miskin dan tidak mampu (the bottom forty)," ujarnya.

Kelima, Pemerintah perlu merumuskan dan menjalankan kebijakan serta tindakan pemerintah untuk menanggulangi gejolak ekonomi yang serius saat ini. Keenam pemerintah perlu melakukan kerjasama dengan negara lain. Terutama untuk pengadaan alat kesehatan, khususnya test kit yang diharapkan agar dalam waktu yang tidak terlalu lama bisa ditemukan dan diproduksi vaksin anti-virus corona

"Karena ancaman Ccorona ini bersifat borderless, kami mendorong pemerintah untuk berkolaborasi  dengan negara-negara ASEAN dan Kawasan Pasifik lainnya yang sudah berhasil mengatasi covid-19, untuk saling mendukung dan memberikan bantuan," ujarnya.

Virus Corona berdampak ke segala arah, termasuk Masjid Istiqlal yang jadi sepi jemaah. Lihat dalam video di bawah ini: