Ilham: Habibie Meninggal Seperti Lagi Senyum

Ilham Habibie
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Sejumlah tokoh dan masyarakat umum menghadiri tahlilan dan doa bersama untuk mendiang Presiden ke-3 RI, Bacharuddin Jusuf Habibie. Tahlilan digelar di rumah duka, yaitu di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan. 

Dalam sambutannya, anak sulung BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie mengatakan, kepergian ayahnya terasa di antara nyata dan tidak nyata. BJ Habibie meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto pada Rabu 11 September 2019, sekitar pukul 18.05 WIB, karena sakit. 

"Beliau dikelilingi oleh keluarga, banyak sahabat dan teman yang masih memberikan cium terakhir sebelum napas terakhir," kata Ilham di Patra Kuningan, Kamis 12 September 2019.

Ilham juga berada di dekat kepala BJ Habibie dan ayahnya itu pun meninggal dunia dalam pelukan cinta dari seluruh keluarganya.

Menurut Ilham, hal itulah yang membuat mendiang ayahnya meninggal dunia dalam keadaan seperti tersenyum.

"Karena bapak itu meninggal dalam kebahagiaan, bukan hanya mencintai orang, tetapi juga dicintai orang. Itulah Habibie," ujar Ilham. 

Rencananya, tahlilan dan doa bersama akan digelar selama 40 hari ke depan secara berturut-turut sesuai dengan tradisi keluarga. Kebiasaan tersebut juga sudah dilaksanakan pada saat kepergian Ainun Habibie pada tahun 2010 lalu. (asp)