RI dan UEA Akan Bangun Masjid, Menag: Jadi Pusat Moderasi Beragama

Menteri Agama Fachrul Razi di Uni Emirat Arab (UAE).
Sumber :
  • Humas Kemenag

VIVA – Menteri Agama Fachrul Razi mengemukakan, Pemerintah Indonesia dan Uni Emirat Arab (UAE) akan membangun sebuah masjid di Solo, Jawa Tengah.

Menurut Fachrul, pembangunan masjid di Solo ini merupakan salah satu bentuk komitmen kedua negara, dalam rangka kerja sama pengarusutamaan moderasi beragama di kedua negara.

“Masjid yang akan dibangun di Solo nantinya harus dapat menjadi pusat pengarusutamaan moderasi beragama di Indonesia. Masjid ini harus dapat dikelola secara profesional yang terintegrasi dengan Islamic Center," katanya di Abu Dhabi sebelum bertolak ke Jakarta, seperti dikutip dari  keterangan tertulis Rabu, 18 Desember 2019.

Ia menambahkan, "Imam masjid dapat kita datangkan dari UAE dan begitu juga sebaliknya kita akan mengirimkan imam masjid kita ke UAE. Intinya masjid ini harus dapat menjadi simbol toleransi dan harmoni."

Menurut dia, rencana pembangunan masjid tersebut dalam tahap pengurusan aset tanah dari Pertamina. Ground breaking pembangunan masjid akan dilakukan setelah Presiden Joko Widodo bertemu Pangeran Muhammad Bin Zaid yang direncanakan awal Januari 2020.

Di UEA, Fachrul sempat berkunjung ke Grand Mosque Abu Dhabi. Dia mengaku terinspirasi dengan manajemen masjid yang profesional dan modern. Grand Mosque Abu Dhabi bukan hanya mewah dan megah secara konstruksi, melainkan masjid ini juga menampilkan dan mengajarkan nilai-nilai Islam yang terbuka, toleran, dan inklusif. 

Grand Mosque Abu Dhabi dapat dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai negara, dengan berbagai latar belakang agama dan ras. “Saya berharap  masjid yang akan dibangun di Solo nanti dapat mencerminkan nilai-nilai seperti itu,” katanya.

Tak hanya itu, Fahcrul juga mengingatkan bahwa pemeluk agama bisa saja tidak membaca kitab suci pemeluk agama lainnya. Namun,  mereka bisa saling membaca melalui perilaku dan sikap masing-masing. Di situ pentingnya mengamalkan nilai keagamaan dalam perilaku hidup, termasuk dalam toleransi dan keterbukaan.