Sumbar Bisa Jadi Magnet Pariwisata Sumatera, Ini Faktornya

Wisatawan menikmati spot snorkeling (selam dangkal) di perairan Pulau Cubadak, Kawasan Mandeh, Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Kamis, 31 Januari 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

VIVA – Provinsi Sumatera Barat punya potensi mengeruk wisatawan dari sektor obyek wisata yang dimiliki. Tak hanya obyek wisata, Sumbar dinilai punya kekuatan dari seni budaya tradisionalnya yang bisa menjadi magnet.

Hal ini disampaikan Anggota DPR dari Fraksi Demokrat Mulyadi. Bakal calon Gubernur Sumbar itu optimis tanah kelahirannya itu punya modal kuat dalam sektor pariwisata yang berlandaskan keragaman seni budaya Minangkabau.

"Seni budaya harus kita kolaborasikan dengan pariwisata, ini akan menjadi magnet yang sangat kuat untuk para wisatawan," ujar Mulyadi, dalam keterangannya, Rabu, 4 Maret 2020.

Bagi dia, seni budaya tradisional Sumbar bisa jadi magnet macam Tari Abang Babega, Indang, Piring, Rantak, sampai Ambek-ambek Kota Anau. Keberadaan seni budaya tradisional ini punya keunikan yang dilengkapi dengan panorama obyek wisata.

Panorama alam keunggulan Sumbar mulai pantai Kepulauan Mentawai, Bukit Langkisau, Puncak Lawang Maninjau, Pulau Cubadak, sampai Lembah Anai Air Terjun.

Menurut dia, Sumbar bisa jadi primadona wisata di Sumatera. Kaya akan seni budaya tradisional sampai obyek wisata yang bisa dikolaborasikan.

"Saya berharap kita bisa bersama membangun Sumbar. Saya pikir yang bisa kita lakukan adalah mengoptimalkan segala potensi yang dimiliki. Salah satunya pariwisata dengan mengedepankan seni budaya tradisional yang bisa kita promosikan secara maksimal," jelas Mulyadi.

Maka itu, ia berharap masyarakat Sumbar baik yang perantauan turut aktif mempromosikan keragaman seni budaya tradisional serta kekayaan wisata. Promosi yang efisien sebaiknya dilakukan masyarakat lokal yang sudah mengetahui.

"Saya berharap masyarakat Sumbar bisa ikut terlibat dalam mempromosikan seni budaya yang kita miliki agar lebih dikenal di kancah lokal, nasional bahkan internasional," tutur Mulyadi.

Melihat misi Mulyadi yang akan memperbaiki pariwisata, tokoh Padang Pariaman, Erwin Hidayat mennyampaikan pandangannya. Kata dia, Sumbar saat ini butuh pemimpin dengan visi dan misi yang jelas. 

Erwin percaya Mulyadi menjadi calon pemimpin yang amanah dan bisa membawa Sumbar berubah lebih baik. Salah satu alasannya, kepedulian politikus Demokrat itu terhadap daerah pemilihannya di Sumbar saat turun ke konstituen.

Dia menyebut upaya perjuangan Mulyadi seperti sektor infrastruktur seperti Jembatan Layang Kelok Sembilan sampai revitalisasi Pantai Carocok

"Beliau berkeinginan kuat memajukan Sumbar dengan segala potensi yang dimiliki dan pak Mulyadi telah membuktikannya dengan berbagai kerja nyata," ujar Erwin.