Persiapan Musim Mudik 2020, Kakorlantas Tinjau Tol Manado-Bitung

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Polisi Istiono meninjau ruas jalan tol Manado-Bitung, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Hal ini dilakukan dalam rangka kesiapan menjelang musim arus mudik lebaran tahun 2020.

Dalam tinjauannya, Istiono menggunakan sepeda (gowes) didampingi langsung oleh mantan Kakorlantas Polri sebelumnya yang kini menjabat Kapolda Sulut, Irjen Pol Royke Lumowa.

Istiono menelusuri ruas jalan tol sepanjang 20Km melalui Gerbang Tol Manado yang ada di jalur Manado Outer Ring Road (MORR III) dan keluar melalui gerbang tol Airmadidi untuk beristirahat. Kemudian dilanjutkan menuju keluar gerbang Tol Kauditan dan lanjut di jalur arteri jalan lama Minawerot diakhiri di Lambean.

"Saya apresiasi dan terimakasih, sinergitas ini sangat baik," kata Istiono dalam keterangan tertulisnya, Selasa 10 Maret 2020.

Turut serta dalam rangka gowes survei jalur tersebut, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw, Pangdam XIII/Merdeka Sulut, Mayor Jenderal TNI Santos Gunawan Matondang, Danlantamal VIII Manado Brigjen TNI (Mar) Donar Philip Rompas, Danlanud Manado Letkol Laut (P) Sahid Ramdan Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Kushariyanto, Dirlantas Polda Sulut Kombes Pol Iwan Sanjaya, Kepala BPJN Wilayah XV Manado, jajaran Forkopimda, Jasa Raharja, Jasa Marga, serta jajaran anggota TNI-Polri.

"Kita melakukan survei ruas jalan tol Manado-Bitung sekaligus menikmati keindahan panorama alam," katanya.

Perlu diketahui, jalan bebas hambatan ini terdapat dua seksi, yaitu seksi I Ring Road Manado-Sukur-Airmadidi sepanjang 14 kilometer, dan seksi II Airmadidi-Bitung sepanjang 25 km. Jalan tol ini memiliki lima Simpang Susun (SS) yaitu, SS Sukur, SS Air Madidi, SS Kauditan, SS Danowudu dan SS Bitung.

Nantinya, dalam arus mudik pengguna kendaraan dari arah Manado menuju Bitung masuk melalui Gerbang Tol Manado yang ada di jalur Manado Outer Ring Road (MORR III). Kemudian, keluar melalui Gerbang Tol Kauditan dan begitu sebaliknya. Pengendara juga dapat keluar melalui Gerbang Tol Airmadidi apabila ingin mengakses wilayah Kabupaten Minahasa Utara dan sekitarnya. (ren)