Raja dan Ratu Belanda Bakal Kunjungi Lokasi Syuting Film Toba Dreams

Raja Belanda Willem Alexander (kedua kiri) dan Ratu Maxima (kiri)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

VIVA – Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima dari Kerajaan Belanda bakal mengunjungi kawasan Danau Toba di Sumatera Utara, Kamis 12 Maret 2020. Salah satu tempat yang akan dikunjungi raja dan ratu Belanda tersebut adalah Dusun Siambat Dalan di Desa Lintong Nihuta, Kabupaten Toba. 

Lokasi itu merupakan tempat yang digunakan dalam proses syuting film yang dibintangi oleh aktor Vino G Bastian yakni Toba Dreams.

Kepala Desa Lintong Nihuta, Holong T Simanjuntak mengatakan sejumlah persiapan dilakukan warganya jelang kedatangan raja dan ratu Belanda tersebut.

“Persiapan kami ya membersihkan lingkungan, apa yang kami bisa lakukan untuk penyambutan raja dan ratu,” katanya di Dusun Siambat Dalan, Rabu 11 Maret 2020.

Bukan hanya itu, warga di Dusun Siambat Dalan yang hanya berjumlah 12 kepala keluarga juga bakal menunjukkan adat istiadat dari suku Batak. Perwakilan warga akan mengulosi raja dan ratu Belanda.

“Warga di sini dari Desa Lintong Huta, Dusun Siambat Dalan, siap menerima kedatangan raja dan ratu Belanda,” ujar Holong.

Dusun Siambat Dalan merupakan salah satu spot wisata yang ada di kawasan Danau Toba. Sedikitnya ada tujuh rumah adat diperkirakan berusia 400 tahun yang terdapat di dusun tersebut. 

Lokasi ini kerap dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata pasca-film Toba Dreams tayang di layar lebar pada 2015. 

856 Personil Gabungan

Sebanyak 856 personil TNi/Polri dikerahkan untuk mengamankan kedatangan Raja dan Ratu Belanda, Willem Alexander dan Maxima ke Danau Toba. Gelar pasukan sudah dilaksanakan di Pantai Bebas Parapat, Kabupaten Simalungun, Rabu 11 Maret 2020.

Ratusan personil gabungan itu, terdiri dari Yonif 122 Tombak Sakti, Yonif 126 Kala Cakti Asahan, Kodim 0207 Simalungun, Polres Simalungun, Polresta Pematang Siantar. Lalu, ada juga dari Brimob Siantar, Petugas Damkar Simalungun, Dishub Simalungun, Dishub Pemko Pematangsiantar, dan Dankes Syah 01-04-04.

Apel Gelar Pasukan ini dipimpin langsung Komandan Kodim (Dandim) 0207/Simalungun Letkol Inf Frans Kishin Panjaitan. Ia mengatakan segala bentuk persiapan sudah dilakukan tim gabungan untuk mengamankan kedatangan Raja dan Ratu Belanda ke Danau terbesar di Asian Tenggara itu.

“Kamis pagi rombongan akan tiba di Sumut mulai dari Bandara Silangit Kabupaten Tapanuli Utara menuju kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Samosir dan berakhir di Inna Hotel Parapat, Kabupaten Simalungun," tutur Frans.

Frans mengatakan tugas ini, merupakan tugas kehormatan bagi mereka. Karena tidak semua mendapat kesempatan bisa bertugas melakukan pengamanan tamu kenegaraan dari negara kincir angin itu.

Dia berharap agar seluruh personel tidak mengganggap remeh tugas ini. Kemudian, tetap melakukan koordinasi dalam segela bentuk kegiatan selama pengamanan tersebut.

"Kita satu komando, saya harap kita bisa bersinergi demi nama baik bangsa dan negara. Saat pengamanan ini, harga diri bangsa dan negara yang kita pertaruhkan," kata Frans.