Raja dan Ratu Belanda akan Jelajahi Danau Toba, Pengamanan Diperketat

Danau Toba
Sumber :
  • VIVAnews/Uga Andriansyah

VIVA – Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima dari Kerajaan Belanda bakal mengunjungi kawasan Danau Toba di Sumatera Utara, Kamis 12 Maret 2020. Dijadwalkan rombongan dari Kerajaan Belanda itu akan menyeberangi Danau Toba menuju ecovillage di Silima Lombu, Kabupaten Samosir. 

Direktur Utama Badan Pariwisata Otorita Danau Toba (BPODT), Arie Prasetyo mengatakan keselematan penyeberangan bakal ditingkatkan pada saat raja dan ratu Belanda menyeberangi danau vulkanis terbesar se-Asia Tenggara itu. 

"Semua sudah diperiksa (termasuk) keselamatan kapal karena besok akan ada pelayaran di Danau Toba menggunakan beberapa kapal. Kami sudah bekerja sama dengan pihak Kementerian Perhubungan," kata Arie di Balige, Kabupaten Toba, Rabu 11 Maret 2020. 

Arie menjelaskan, pengecekan keamanan dan kebersihan juga telah dilakukan di titik-titik yang bakal disambangi rombongan raja dan ratu Belanda. 

"Terkait kebersihan kami laksanakan gotong royong dan berkat kerja sama dengan pemerintah kabupaten di tempat-tempat yang akan dikunjungi dan yang dilalui raja," jelas Arie. 

Dia menambahkan bila pihak keamanan juga sudah berkoordinasi untuk memberikan pengamanan yang ketat.

"Kami sudah siap per hari ini dari pihak keamanan juga sudah melakukan koordinasi yang cukup baik, Paspampres, TNI, Polri, semua sudah berkoordinasi di lapangan untuk persiapan besok," tambahnya. 

Rombongan dari Kerajaan Belanda akan mengunjungi beberapa spot wisata yang ada di kawasan Danau Toba. Mulai dari mendarat di Bandara Silangit, Tapanuli Utara, lalu ke Bukit Singgolom (Kabupaten Toba), Dusun Siambat Dalan. 

Lalu, ke Institute Del (Kabupaten Toba), kemudian ke Pelabuhan Balige menyeberangi Danau Toba ke ecovillage di Kabupaten Samosir. 

"Dari situ akan ke Hotel Inna Parapat (Kabupaten Simalungun) setelah itu akan menuju Bandara Internasional Kualanamu (Kabupaten Deli Serdang) untuk bertolak ke Belanda," ujar Arie.