Update Corona di Sulsel 18 Mei: 339 Pasien Positif Sudah Sembuh

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, serahkan bingkisan kepada petugas PSBB.
Sumber :
  • VIVAnews/Irfan

VIVA – Sulsel Tanggap Covid-19 kembali melaporkan perkembangan kasus virus Corona hingga Senin malam, 18 Mei 2020. Pasien yang sebelumnya positif terjangkit Covid-19 dan telah dinyatakan sembuh 339 orang, 319 pasien masih dirawat, dan 55 meninggal serta 304 orang melakukan isolasi mandiri.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang sudah sehat dan telah diperbolehkan pulang 968 orang, 374 pasien sementara dirawat, dan 129 sudah wafat. Selanjutnya, Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang masih menjalani proses pemantauan hingga sekarang 882 orang dan 3.851 orang telah selesai pemantauan.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Gowa telah menutup secara resmi pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan menggelar apel gabungan di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Senin 18 Mei 2020.

Kegiatan itu dihadiri unsur TNI, Polri, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), Dinas Perhubungan, Pemadam Kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan sejumlah relawan dari organisasi kepemudaan dan masyarakat.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh petugas dan relawan yang telah meluangkan waktu dan tenaga selama 14 hari masa pelaksanaan PSBB.

"Semua ini bisa berjalan sukses karena adanya kontribusi dari kita semuanya. Semuanya ini bisa berjalan dengan baik sesuai dengan perencanaan yang ada karena adanya sumbangsih dari kita semua yang ada di sini," ujarnya.

Kendati PSBB telah usai, dia sangat berharap para petugas dan relawan agar tetap membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19, dikarenakan belum ada kepastian kapan virus asal Wuhan, China, itu akan berakhir.

"Dengan berakhirnya PSBB ini bukan berarti kontribusi kita juga berakhir, akan tetapi saya berharap dan meminta kepada kita semua untuk tetap memberikan kontribusi, yakni dengan mengedukasi, meningkatkan kesadaran masyarakat dimulai dari diri kita, keluarga kita, tetangga kita, lingkungan kita, sahabat-sahabat kita untuk mengikuti imbauan pemerintah," tutur Adnan.

Sementara itu, salah seorang relawan dari Pramuka Peduli Kwarcab Gowa, Muh Akbar, mengaku senang bisa ikut berkontribusi dalam pelaksanaan PSBB di Kabupaten Gowa.

Akbar juga menilai bahwa PSBB Kabupaten Gowa sudah berjalan dengan baik. Karena, menurut dia, saat ini masyarakat sudah mulai makin sadar mengikuti protokol kesehatan dan anjuran pemerintah, seperti menggunakan masker, social distancing, dan physical distancing.

"Kenapa Pramuka ikut andil dalam pelaksanaan PSBB ini, karena prinsip kami di Pramuka yaitu rela menolong dan tabah dan ikhlas dengan berlandaskan Dasa Dharma dan Tri Satya," ujar Koordinator Pramuka Peduli Gowa itu.