10 Bukti Salat Jumat Berjemaah Sambil Patuh PSBB Menuju New Normal

Sumber :

VIVA – Setelah kurang lebih dua bulan ditiadakan, masjid-masjid di beberapa kota di Tanah Air akhirnya bisa mengadakan salat Jumat berjemaah lagi walau di tengah PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), Jumat 29 Mei 2020. Pemerintah setempat mengizinkan beberapa masjid dibuka untuk salat Jumat karena berlokasi di "zona hijau" pandemi virus Corona (Covid-19) namun harus disertai penerapan protokol kesehatan.   

Kembali digelarnya salat Jumat berjemaah ini disambut antusias oleh umat Muslim setempat. Mereka mematuhi aturan seperti wajib pakai masker, bawa sajadah sendiri, jalani pemeriksaan suhu tubuh dengan thermogun oleh petugas, serta salat sambil berjaga jarak fisik antar-umat di posisi yang sudah ditandai pengurus masjid. 

Sementara itu pengurus masjid pun bertindak sigap. Bila ada warga yang datang untuk salat Jumat tanpa pakai masker maka tidak diperbolehkan masuk, seperti yang terlihat di Kota Pekanbaru, Riau.

Bila sudah selesai salat, maka langsung bubar karena tidak boleh berkerumun. Pewarta foto dari kantor berita Antara mengabadikan kegiatan salat Jumat berjemaah di sejumlah masjid:

Jamaah mengikuti pelaksanaan shalat Jumat dengan shaf berjarak di Masjid Takwa Muhammadiyah Padang, Sumatera Barat, Jumat (29/5/2020). Sejumlah masjid di kota itu mulai membuka pelaksanaan shalat Jumat dengan menerapkan protokol pencegahan penyebaran COVID-19, yakni wajib masker, cuci tangan, dan jaga jarak sekaligus persiapan menghadapi kondisi normal baru. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra.

Sejumlah umat Islam melakukan ibadah Shalat Jumat di Masjid Jami Abdurahman Bin Auf di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/5/2020). Bupati Bogor Ade Yasin menyebutkan bahwa sejumlah fasilitas umum seperti rumah ibadah, rumah makan dan sekolah di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, akan dibuka secara bertahap menjelang penerapan tatanan normal baru tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya.

Umat Islam menggunakan masker saat melaksanakan shalat Jumat di Masjid Nurul Islam, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Jumat (29/5/2020). Takmir masjid tersebut menyelenggarakan kembali shalat Jumat berjamaah di tengah pandemi COVID-19 setelah kurang lebih dua bulan meniadakannya. Jamaah harus mengikuti tatanan baru dan penerapan protokol kesehatan seperti wajib menggunakan masker serta berjaga jarak fisik guna mencegah penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Makna Zaezar.

Seorang warga tanpa masker (Redaksi: wajah sengaja disamarkan) dilarang masuk oleh petugas Masjid Raya Senapelan Pekanbaru saat pelaksanaan Shalat Jumat pertama setelah berakhirnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), di Kota Pekanbaru, Jumat (29/5/2020). Mayoritas masjid di Pekanbaru kembali melaksanakan shalat berjamaah usai PSBB dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 sebagai normal baru dalam kegiatan di rumah ibadah. ANTARA FOTO/FB Anggoro. 

Jamaah menjaga jarak dan mengenakan masker saat pelaksanaan shalat Jumat pertama setelah berakhirnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Masjid Raya Senapelan Kota Pekanbaru, Riau, Jumat (29/5/2020). Mayoritas masjid di Pekanbaru kembali melaksanakan shalat berjamaah usai berakhirnya PSBB dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 sebagai normal baru dalam kegiatan di rumah ibadah. ANTARA FOTO/FB Anggoro.

Umat Islam mendengarkan khutbah shalat Jumat di Masjid Nurul Islam, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Jumat (29/5/2020). Takmir masjid tersebut menyelenggarakan kembali shalat Jumat berjamaah di tengah pandemi COVID-19 setelah kurang lebih dua bulan meniadakannya. Jamaah harus mengikuti tatanan baru dan penerapan protokol kesehatan seperti wajib menggunakan masker serta berjaga jarak fisik guna mencegah penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Makna Zaezar.

Umat Islam mendengarkan khutbah shalat Jumat di Masjid Nurul Islam, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Jumat (29/5/2020). Takmir masjid tersebut menyelenggarakan kembali shalat Jumat berjamaah di tengah pandemi COVID-19 setelah kurang lebih dua bulan meniadakannya. Jamaah harus mengikuti tatanan baru dan penerapan protokol kesehatan seperti wajib menggunakan masker serta berjaga jarak fisik guna mencegah penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Makna Zaezar

Jamaah menunaikan shalat Jumat di Masjid Agung Al-Barkah, Bekasi, Jawa Barat, Jum'at, (29/5/2020). Masjid Agung Al-Barkah mendapat izin dari Pemerintah Kota Bekasi untuk menyelenggarakan shalat Jumat dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah.

Wali Kota Bogor Bima Arya masuk ke dalam bilik disinfektan sebelum melaksanakan shalat Jumat berjamaah di Masjid Baitur Ridwan, Cilendek Barat, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/5/2020). Pemerintah Kota Bogor kembali menggelar shalat Jumat berjamaah untuk sejumlah masjid di lingkungan permukiman warga tingkat RT/RW dengan tetap menggunakan protokol kesehatan ketat pada masa transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menuju penerapan tatanan normal baru (new normal) dalam upaya pencegahan penyebaran pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah.

Jamaah melaksanakan shalat Jumat berjamaah di Masjid Agung Al Barkah, kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (29/5/2020). Kota Bekasi melaksanakan shalat Jumat setelah lebih dua bulan ditiadakan dan dilakukan dengan protokol pencegahan COVID-19. ANTARA FOTO/Paramayuda.