51 Pedagang di DKI Jakarta Positif Corona

Petugas pengelola pasar berkampanye pencegahan COVID-19 dengan membawa poster berisi pesan di Pasar Jatinegara, Jakarta, Kamis (11/6/2020).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

VIVA – Sebanyak 51 pedagang yang ada di wilayah Provinsi DKI Jakarta dikabarkan positif terkena wabah virus Corona atau Covid-19. Hal itu berdasarkan hasil dari swab test 

"Betul. Itu hasil tes swab ya," kata Ketua Bidang Infokom DPP Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Reynaldi Sarijowan saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis, 11 Juni 2020.

Ia menuturkan, jumlah pedagang positif Corona ini akumulasi dari April lalu yang telah menjalani swab oleh pemerintah dan pengelola pasar. Para pedagang yang positif ini kemarin dirujuk ke rumah sakit yang khusus menangani pasien Covid-19.

Untuk itu, ia mendorong agar terus dilakukan tes. Upaya ini penting untuk diketahui sejak dini agar protokol kesehatan dilakukan di pasar-pasar.

Ikatan Pedagang Pasar Indonesia memandang perlu adaanya perhatian serius dari pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan di pasar tradisional. Salah satunya dengan melakukan sosialisasi protokol kesehatan, imbauan kesadaran melaksanakan protokol kesehatan dan hand sanitizer serta penyemprotan disinfektan.

Sejauh ini, kata dia, Ikappi telah menyebarkan panduan singkat protokol kesehatan bagi pengelola serta para pedagang yang bisa dengan cepat dan mudah dipahami. Di antaranya agar pengelola pasar mengatur ulang jarak lapak antarpedagang satu dengan yang lain.

Tak hanya itu, pengelola pasar melakukan tes suhu kepada pengunjung sebelum masuk pasar. Pengelola pasar atau pedagang harus mempersiapkan sekat plastik antarpedagang dan pembeli untuk keamanan bersama. 

Tentunya, para pedagang dan pembeli juga wajib memakai masker di lingkungan pasar sekaligus selalu menjaga jarak dengan pembeli minimal satu meter.

"Selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan setelah melakukan transaksi dan interaksi. Pengelola pasar juga harus mempersiapkan tempat pencuci tangan di masing-masing blok pasar sekaligus penyemprotan disinfektan," katanya.