Protes Pembakaran Bendera, 1.000 Kader PDIP Long March di Jaktim

Massa kader PDIP melakukan long marc di wilayah Jakarta Timur.
Sumber :
  • Kenny Putra

VIVA – Pasca pembakaran bendera PDI Perjuangan oleh massa aksi demonstrasi Persaudaraan Alumni (PA) 212 di depan Gedung DPR RI, Rabu 24 Juni 2020, ratusan kader Partai PDI Perjuangan Jakarta Timur melakukan aksi unjuk rasa, Kamis 25 Juni 2020.

Massa yang berasal dari berbagai kecamatan di wilayah kota Jakarta Timur berkumpul di Jalan Matraman Raya, dan melakukan long march ke Polres Metro Jakarta Timur.

Dari pantauan VIVAnews di lokasi, ratusan kader PDI Perjuangan ini sudah berkumpul sejak pukul 12.30 WIB. Menurut keterangan Kapolsek Matraman, Kompol Tedjo Asmoro, jumlah massa yang dilaporkan oleh koordinator aksi kurang lebih 1.000 orang.

"Dari surat yang kita terima massanya kurang lebih seribu orang, tapi kita tidak tahu dari mana saja," kata Kompol Tedjo, Kamis 25 Juni 2020.

Pihak PDI Perjuangan sendiri akan menempuh jalur hukum terhadap pelaku pembakaran bendera Partai PDI Perjuangan. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menegaskan PDIP adalah partai militan, memiliki kekuatan grass roots, yang didedikasikan sepenuhnya bagi kepentingan bangsa dan negara. 

"Meskipun ada pihak yang sengaja memancing di air keruh, termasuk aksi provokasi dengan membakar bendera partai, kami percaya rakyat tidak akan mudah terprovokasi," kata Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dalam keterangan persnya.