PA 212 Mau Demo di Depan MK, Lebih dari 3 Ribu Aparat Gabungan Dikerahkan

Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

Jakarta - Massa dari Persaudaraan Alumni (PA) 212 akan menggelar aksi 164 Istigasah Kubro dengan tema memohon keadilan bagi negeri di kawasan gedung Mahkamah Konstitusi (MK). Aksi ini diinisiasi Dewan Tandifidzi Nasional PA 212.

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

Terkait itu, polisi pun mengaku bakal melakukan pengawalan supaya aksi yang digelar hari ini pun bisa berjalan dengan tertib. Kapolres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Besar Polisi Susatyo Purnomo Condro.
mengungkap lebih dari tiga ribu aparat dikerahkan untuk mengamankan aksi tersebut.

"Total ada 3.315 personel yang akan mengawal dan mengamankan aksi hari ini," kata Susatyo, Selasa, 16 April 2024.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Adapun aparat yang diterjunkan dalam pengamanan aksi ini merupakan aparat gabungan. Aparat itu terdiri atas TNI, Polri, juga Pemerintah Provinsi Jakarta.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro

Photo :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham
Komjen Fadil Pimpin Pengamanan Ajang World Water Forum di Bali, 5.791 Polisi Dikerahkan

Kombes Susatyo menambahkan, untuk rencana rekayasa lalu lintas atau lalin sendiri sementara ini masih bersifat situasional.

Kata dia, rekayasa lalin di sekitaran kawasan Monumen Nasional atau Monas baru akan dilakukan kalau eskalasi massa meningkat. Susatyo mengingatkan agar jajaran personel gabungan yang terlibat pengamanan Istigasah Kubro agar selalu bertindak persuasif dan juga humanis.

"Kami pun menghimbau kepada para warga masyarakat yang nantinya akan melintas di sekitaran Monas agar mencari jalan alternatif lainnya," jelas Susatyo.

Dia juga minta agar para peserta aksi bisa bersama-sama jaga keamanan serta ketertiban. "Untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban supaya kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan juga aman," katanya lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya