Jakarta PSBB Total, Terminal Solo Larang Bus Berangkat ke Ibu Kota

Terminal Solo
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA – Pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di wilayah DKI Jakarta berdampak pada angkutan transportasi umum bus rute Solo-Jakarta maupun sebaliknya. 

Bahkan, pengelola Terminal Tirtonadi, Solo, belum mengizinkan pemberangkatan bus jurusan Solo-Jakarta selama pembelakuan kembali PSBB di Jakarta.

"Sejak pemberlakuan PSBB, kami belum satu pun memberangkatkan bus Solo-Jakarta. Kalau bus atau armada bus itu belum memenuhi persyaratan, saya enggak berani memberangkatkan," kata Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi, Joko Sutriyanto, Kamis, 17 September 2020. 

Terminal bus tersebut memberlakukan aturan ketat untuk memberangkatkan bus Solo-Jakarta. Persyaratan itu meliputi bus harus steril, termasuk kru dan penumpangnya harus memiliki surat sehat. Aturan ketat dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran corona selama pandemi COVID-19.

"Kita berusaha mencegah penyebaran corona. Kita berusaha membantu pemerintah. Jadi nanti semisal dari Solo ada yang positif nanti malah menyebar," ujarnya. 

Baca juga: ICW Wanti-wanti Jangan Ada Intervensi Sidang Etik Firli Bahuri

Bukan hanya pemberangkatan armada bus Solo-Jakarta yang terdampak corona. Namun kedatangan jumlah armada bus dari Jakarta-Solo juga turun. 

"Kalau biasanya ada sekitar 20- 30 bus yang datang. Namun semenjak PSBB paling hanya sekitar 5 bus," katanya. (lis)