Lawan Corona, Polantas Rapid Test Sopir dan Kernet Bus

Sopir dan kernet bus melakukan rapid test massal
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Korps Lalu Lintas Polri kembali menyalurkan paket sembako dan menggelar rapid test massal dalam rangka perayaan Hari Lalu Lintas. Sasarannya kali ini adalah sopir dan kernet bus di PO Doa Ibu, Ciracas, Jakarta Timur. 

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono mengatakan, sopir dan kernet bus adalah mitra kerja dari Korlantas Polri. Mereka diminta menjadi ujung tombak dalam membantu menerapkan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.  

"Sopir bus ini sebagai duta kesehatan kita di lapangan, dia sebagai potret yang harus patuh terhadap 3M. Cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak," kata Istiono kepada wartawan, Jumat, 25 September 2020.

Baca juga: Hoax, Pesan Berantai Sultan HB X Bilang Positif Negatif Corona Podowae

Pada bakti sosial kali ini, sebanyak 1.500 paket sembako dibagikan. Mereka juga memberikan rapid test gratis untuk sopir dan kernet bus. Komunitas-komunitas seperti ini memang menjadi sasaran utama dari Polri untuk diberikan bantuan.

Sebelumnya kegiatan serupa juga menyasar komunitas pengayuh becak di Jakarta Pusat. Sebagai rakyat kecil, mereka tentunya membutuhkan bantuan kesehatan dan ekonomi di tengah pandemi COVID-19. 

"Ini adalah partner kita yang setiap hari melayani masyarakat yang rentan terhadap masalah kesehatan dan terdampak juga ekonominya," kata Istiono. 

Mantan Kapolda Bangka Belitung itu berharap para pengemudi bus bisa menjadi wujud ketertiban masyarakat. Mereka harus memberikan contoh untuk menerapkan hidup sehat sehingga bisa ditiru oleh masyarakat lainnya.

"Dan juga membawa penumpang yang banyak juga harus jaga kesehatan, ini menjadi penting. Kerumuman banyak di sentral-sentral terminal dan pool, ini harus kita sosialisasikan supaya mereka tetap sehat," kata Istiono.

Pelaksanaan bakti kemanusiaan dilangsungkan dengan peraturan Protokol Kesehatan COVID-19 yang ketat seperti ruang sterilisasi, cuci tangan, pengecekan suhu, pengunaan masker dan test rapid. Bakti sosial ini didukung langsung berkat kerjasama bersama BNI.

Diketahui, Korlantas Polri memperingati Hari Lalu Lintas ke-65 yang jatuh pada 22 September 2020. Tahun ini tema yang diambil yakni "Implementasi E-Policing pada Fungsi Lalu Lintas Menuju Indonesia Emas 2045". Tema ini akan dikemas dalam film atau video pendek sebagai paradigma visioner tentang lalu lintas.

Pada perayaan tahun ini, Korlantas menyelenggarakan berbagai kegiatan serentak di seluruh Indonesia. Kegiatan ini adalah implementasi polisi lalu lintas (polantas) yang profesional, modern dan terpercaya atau promoter.