Survei KIC: tvOne Paling Banyak Disaksikan Masyarakat

Program acara Indonesia Lawyers Club/ILC tvOne (ilustrasi)
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

VIVA – Stasiun televisi tvOne menjadi media televisi yang paling banyak disaksikan masyarakat. Data ini merujuk hasil riset survei yang dikeluarkan Katadata Insight Center (KIC) per bulan November 2020.

Dari riset KIC, tvOne jadi stasiun televisi yang banyak disaksikan masyarakat dengan 24,4 persen responden. Survei itu melaporkan juga setengah atau 59,5 persen responden bergantung pada medium tersebut.

KIC melakukan survei literasi digital yang bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Secara keseluruhan, penelitian menjaring 1.670 responden dari 34 provinsi di Indonesia.

Hasil survei menunjukkan bahwa televisi yang banyak disaksikan masyarakat adalah tvOne sebesar 24,4 persen responden. Kemudian, posisi runner up diisi oleh Indosiar sebanyak 13,1 persen responden.

Sementara, responden banyak menonton RCTI sekitar 12,6 dalam kehidupan sehari-harinya. Sedangkan responden yang menonton Metro TV sekira 9 persen. Namun, stasiun iNews TV paling jarang ditonton responden terlihat cuma 0,5 persen.

Diketahui, 14 Februari 2008, pukul 19.30 WIB, merupakan saat bersejarah karena untuk pertama kalinya tvOne mengudara. Peresmian dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. 

tvOne menjadi stasiun tv pertama di Indonesia yang mendapatkan kesempatan untuk diresmikan dari Istana Presiden RI.

tvOne secara progresif menginspirasi masyarakat Indonesia yang berusia 15 tahun ke atas agar berpikiran maju dan melakukan perbaikan bagi masyarakat melalui berbagai program News and Sports yang dimilikinya.

Mengklasifikasikan sejumlah programnya dalam kategori, NEWS, Current Affairs dan SPORTS, tvOne membuktikan keseriusannya dalam menerapkan strategi tersebut dengan menampilkan format-format yang inovatif dalam hal pemberitaan dan penyajian program.

Di awal tahun berdirinya, tvOne mempunyai Tag Line "MEMANG BEDA". Sebab, tvOne menyajikan berbagai informasi yang dibutuhkan masyarakat dengan penyajian yang berbeda dan belum pernah ada sebelumnya.

Program acara itu seperti Apa Kabar Indonesia, yang merupakan program informasi dalam bentuk diskusi ringan dengan topik-topik terhangat bersama para narasumber dan masyarakat, disiarkan secara langsung pada pagi hari dari studio luar tvOne.

Program berita hardnews tvOne dikemas dengan suguhan menarik antara lain, Kabar Terkini, Apa Kabar Indonesia Pagi, Kabar Pasar, Kabar Siang, Kabar Petang dan Apa Kabar Indonesia Malam. Kemasan yang berbeda juga disuguhkan oleh Kabar Petang.

Pun, ada juga program acara kesayangan pemirsa, Indonesia Lawyers Club atau ILC yang dibawakan Karni Ilyas. (ase)

Baca Juga: Saksikan ILC tvOne Malam Ini: Setelah Protokol Kesehatan Dilanggar