Jokowi Resmikan Kereta Listrik Pertama Rute Yogya-Solo

Presiden Jokowi saat meresmikan Bandara Yogyakarta International Airport (YIA)
Sumber :
  • VIVA/Cahyo

VIVA - Presiden Jokowi meresmikan Kereta Rel Listrik dengan rute Yogyakarta-Solo. Peresmian itu berlangsung secara seremonial di Stasiun Tugu Yogyakarta, yang turut dihadiri Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Ini adalah sebuah transportasi massal yang ramah lingkungan," kata Jokowi dalam sambutannya, Senin, 1 Maret 2021.

Jokowi mengatakan bahwa KRL ini menggantikan kereta Prambanan Ekspres atau Prameks dengan tujuan yang sama. Laju KRL sekarang disebut lebih cepat dibanding sebelumnya termasuk biaya operasi kereta.

Menurut Jokowi, semua negara saat ini berlomba-lomba menghadirkan kendaraan listrik.

"Saya kira moda transportasi di negara kita kedepan harus semuanya mengarah kepada  kereta, transportasi massal yang ramah lingkungan juga kendaraan-kendaraan, semuanya ke depan harus ramah lingkungan yaitu listrik," tutur Jokowi.

Baca juga: Tinjau Vaksinasi Pedagang di Yogya, Jokowi Ingin Ekonomi Bangkit

Tentunya, kata Jokowi, KRL Jogja-Solo akan sangat membantu mobilitas warga, baik dari dua wilayah tersebut. Dalam pengoperasiannya berdasarkan catatan yang dihimpun VIVA, KRL akan melayani 20 perjalanan dan berhenti di 11 stasiun sepanjang 59,337 kilometer.

Dalam peresempan itu, juga dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

"Dan kita harapkan ini bisa membantu baik mobilisasi orang maupun barang dari Jogja ke Solo, Solo ke Jogja. Dan juga bisa meningkatkan pariwisata dan ekonomi kita," ujarnya.