Prabowo Aktif Temani Jokowi, Pakar Politik: Menandakan Transisi Pemindahan Berjalan Mulus

Prabowo Subianto temani Jokowi bertemu dengan PM Singapura Lee Hsien Loong
Sumber :
  • Instagram @jokowi

Jakarta - Menteri Pertahanan yang juga Presiden RI terpilih Prabowo Subianto terlihat aktif mendampingi Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Tak hanya kunjungan kerja di daerah, momen Prabowo kerap menemani Jokowi menerima berbagai tamu kehormatan di Istana Negara.

Gerindra Sebut Jokowi Dimungkinkan Jadi Penasihat Presiden Terpilih Prabowo

Pakar politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin menganalisa kehadiran Prabowo di hampir setiap kunjungan kehormatan yang diterima Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai tanda dari transisi pemerintahan yang akan berjalan mulus.

"Kalau saat ini Pak Prabowo sering menemani Pak Jokowi, kalau sering diajak ke mana-mana dalam suatu kegiatan kenegaraan ini. Ya sudah menandakan bahwa transisi pemindahan dari Pak Jokowi ke Pak Prabowo akan berjalan mulus, lancar, akan smooth," kata Ujang, Senin, 29 April 2024.

Gerindra Buka Peluang Revisi UU Kementerian Negara: Setiap Pemerintahan Punya Tantangan Berbeda

Ujang menuturkan dua figur itu tampak kompak berada dalam frekuensi yang senada. Dia menilai baik Jokowi dan Prabowo sejalan karena menjunjung prinsip yang sama yakni keberlanjutan.

Presiden Jokowi saat sematkan kenaikan pangkat istimewa ke Prabowo Subianto.

Photo :
  • Vico - Biro Pers Sekretariat Presiden
Prabowo Gaungkan Program Makan Siang Gratis, Gerindra: Mudah-mudahan Warteg Bisa Kecipratan

Dia mengatakan langkah Jokowi yang kerap merangkul Prabowo saat menerima lawatan banyak negara adalah upaya mengenalkan Prabowo sebagai penerusnya. Selain itu, upaya tersebut juga menjadi penegasan bahwa mereka ke depan akan terus membangun bangsa.

"Saya melihatnya sebagai sesuatu yang positif, ketika Pak Prabowo sering bertemu Pak Jokowi, dan Jokowi sering membawa Prabowo ke acara dengan pemimpin negara lain," ujar Direktur Eksekutif Indonesia Political Reviews tersebut.

Ujang menilai kondisi itu menjadikan Prabowo dan Jokowi satu frekuensi. "Dan, mereka keliatannya akan bersama-sama saat ini hingga ke depan dalam membangun bangsa," ujarnya.

Dalam beberapa momen, Prabowo tampak rajin menemani Jokowi menerima kunjungan kehormatan sejumlah pemimpin negara di Istana Negara.

Momen terbaru itu seperti saat Prabowo turut mendampingi Jokowi menyambut kehadiran Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong di Istana Kepresidenan Bogor, Senin, hari ini. Dalam kesempatan tersebut, Lee didampingi Wakil PM Lawrence Wong, sosok yang akan menggantikan Lee sebagai PM Singapura pada 15 Mei 2024.

Prabowo sebelumnya mengatakan Jokowi banyak membantu dan memperhatikan dirinya menuju pelantikan sebagai Presiden RI pada Oktober 2024.

“Harus saya sampaikan di sini, betapa besar Pak Joko Widodo menyiapkan saya, saudara-saudara sekalian. Beliau seorang (sosok) yang boleh saya katakan sangat teliti. Beliau sangat teliti,” ujar Prabowo di acara Halal Bihalal PBNU.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya