Daftar Lewat Partai Demokrat, Mantan Dubes Turki Lalu Iqbal Maju Pilgub NTB

Dok. Istimewa
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Mataram – Mantan Dubes Indonesia untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal resmi maju berkontestasi di Pilgub NTB 2024, lewat Partai Demokrat.

Anggota DPR PDIP Usul KPU Legalkan Money Politics

Hal tersebut diungkap oleh Ketua DPD Partai Demokrat NTB, Indra Jaya Usman. Ia menyebut pihak Lalu Iqbal telah menyerahkan formulir pendaftaran ke kantor DPD Demokrat.

"Untuk yang sudah mengambil formulir informasi dari Satgas Pilkada ada dua. Ada Pak Lalu Gita dan Pak Lalu Iqbal," kata Ketua DPD Partai Demokrat NTB Indra Jaya Usman dalam keterangannya, Senin, 29 April 2024.

KPU Sebut Jumlah Pemilih per TPS di Pilkada 2024 Maksimal 600 Orang

Lalu Muhammad Iqbal.

Photo :
  • VIVA/Dinia Adrianjara

"Pak Iqbal sudah melengkapi semua syarat pendaftaran dan mengembalikan formulir, " sambungnya. 

Raffi Ahmad Diduga Maju ke Pilkada Jateng, Netizen: Mending Jangan Deh Aa

Indra juga menegaskan bakal terus menerima calon-calon lain yang ingin mendaftarkan diri dan maju berkontestasi di Pilgub NTB 2024. Di sisi lain, ia mengatakan bakal menunggu keputusan selanjutnya mengenai sosok yang bakal diusung Partai Demokrat di Pilgub NTB.

"Nanti kami juga akan melakukan survei untuk menentukan calon (Pilgub NTB). Termasuk nanti juga akan berkomunikasi dengan DPP, " imbuhnya. 

Terpisah, salah satu tim Lalu Iqbal, Farid Tolomundu membenarkan bahwa Lalu Iqbal sudah resmi mendaftar di Partai Demokrat. Ia menyebut sebelumnya Lalu Iqbal juga sudah mendaftar lewat PKB.

Duta Besar RI untuk Turki Lalu Muhammad Iqbal dan Presiden Turki Erdogan.

Photo :
  • VIVAnews/Kementerian Luar Negeri

"Sementara baru dua partai itu yang membuka pendaftaran. Jadi Mas Iqbal akan daftar kesana dulu, nanti pun pasti akan daftar di partai yang lain," katanya. 

Farid mengungkapkan alasan Lalu Iqbal mendaftar di Partai Demokrat karena dinilai memiliki kematangan, mempunyai visi misi dan sikap kepartaian yang dewasa.

"Mas Iqbal yakin proses penjaringan ini akan objektif. Selain Partai Demokrat, nanti akan mencari koalisi untuk pondasi yang kuat bagi NTB. Ikhtiar ke depan dapat berjalan. Ini tahap awal yaitu pendaftaran (Pilgub NTB), " imbuhnya. 

Lebih jauh, kata Farid, Lalu Iqbal yang mengusung tagline untuk NTB mendunia ini ingin hal baik yang diwariskan oleh kepemimpinan TGB Zainul Majdi dapat dilanjutkan. 

"Banyak kesempatan Pak Iqbal bercerita ingin meneruskan program TGB seperti pariwisata halal, soal peningkatan SDM dan banyak lagi," tuturnya.

Pilkada 2020, Tangerang Selatan

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sebagai informasi, Mantan Duta Besar Indonesia untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal berencana maju di dalam Pemilihan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) di Pilkada serentak November 2024 mendatang. Iqbal menegaskan tekadnya bulat untuk pulang ke kampung halaman dan mengabdi untuk masyarakat NTB.

"Segala harapan orang tua kepada saya sudah dijalankan. Di antaranya menjadi duta besar, sekarang waktunya saya mengabdi untuk NTB," kata Iqbal di Praya, Lombok Tengah, Minggu, 28 April 2024.

Bak gayung bersambut, keinginan Iqbal maju di Pilgub NTB mendapat dukungan mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Lalu Srinata dan mantan Bupati Lombok Barat, Fauzan Khalid.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya