Ridwan Kamil: Makin Dekat Deklarasikan Merdeka dari COVID-19

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Adi Suparman (Bandung)

VIVA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengingatkan masyarakat bahwa peringatan Hari Kemerdekaan menjadi momentum untuk meningkatkan kekompakan dalam upaya keluar dari krisis akibat pandemi COVID-19. 

"76 tahun silam para founding fathers kita mendeklarasikan kemerdekaan kita kepada para penjajah. Hari ini kita juga makin dekat untuk mendeklarasikan kemerdekaan kita dari virus yang mematikan ini," kata Ridwan Kamil di Bandung, Selasa, 17 Agustus 2021.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menyediakan layanan telekonsultasi dan obat-obatan secara gratis untuk pasien COVID-19 yang isolasi mandiri (isoman). Selain infrastruktur kesehatan, Jawa Barat juga berjuang melawan COVID-19 dengan cara meningkatkan 3T (tracing, testing, tracking) dan telah memiliki 17.000 orang relawan untuk melaksanakannya.

Di sisi lain, vaksinasi juga terus dipercepat untuk menciptakan herd immunity (kekebalan komunal). Dalam upaya percepatan vaksinasi ini juga pemerintah Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan BUMN, TNI, Polri, swasta, hingga komunitas.

“Upaya vaksinasi juga terus kita lakukan: sampai hari ini kita telah menghabiskan hampir semua vaksin yang telah diberikan kepada Jawa Barat, dan kemarin sudah pecah rekor per hari kita menyuntik 200 ribu dosis—tertinggi di Republik Indonesia untuk harian,” katanya. 

Upaya yang dilakukan Jawa Barat itu juga harus diikuti oleh disiplin protokol kesehatan dengan menjalankan 5M (mencuci tangan pakai sabun, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas). Karena, menurut Gubernur, disiplin menerapkan protokol kesehatan merupakan benteng pertahanan untuk melindungi diri dari COVID-19.