Densus 88 Geledah Gudang di Surabaya, Sejumlah Barang Bukti Diamankan

Ilustrasi Densus 88.
Sumber :
  • Adrian/ Lampung

VIVA Nasional – Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror dikabarkan menggeledah sebuah gudang di kompleks pergudangan Margomulyo Permai, Kecamatan Tandes, Kota Surabaya, Jawa Timur, pada Rabu, 2 November 2022. Selesai menggeledah, dari dalam gudang tim mengamankan sejumlah barang bukti.

Ketua RT 1 RW 9 Kelurahan Tandes Agustiono membenarkan ketika ditanya wartawan soal penggeledahan oleh tim Densus 88 tersebut. Dia mengaku diminta pihak Densus untuk menyaksikan proses penggeledahan sekira pukul 13.00 WIB. “Saya diminta menyaksikan,” katanya.

Saat penggeledahan berlangsung, Agustiono menuturkan sejumlah polisi dari Polda Jatim dan Polrestabes Surabaya turut membantu pengamanan. Ada yang berseragam dan ada yang berpakaian preman. “Ada yang bawa senjata,” ujarnya.

Police line.

Photo :
  • U-Report

Agustiono mengaku tidak tahu penggeledahan dilakukan terkait terduga teroris siapa. Namun, informasi yang dia peroleh penindakan dilakukan Densus berkaitan dengan seorang karyawan yang bekerja di pergudangan tersebut. “Bukan warga sini, cuma memang di Tanjungsari ngekos,” tandasnya.

Penggeledahan berlangsung lebih dari satu jam. Dari dalam gudang, Agustiono menyebut petugas mengamankan sejumlah barang bukti seperti telepon genggam dan tas milik terduga. Dia mengaku tidak tahu apakah penggeledahan juga dilakukan tim Densus di tempat indekos terduga atau tidak.

Sampai berita ini selesai ditulis, belum ada keterangan resmi dari pihak kepolisian. Seperti biasa, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Komisaris Besar Polisi Dirmanto irit bicara ketika ditanya berulang-ulang oleh para awak media terkait penggeledahan itu. Jawabannya sama seperti biasa dia sampaikan saat ditanya dalam banyak kasus yang lain. “Nanti dicek dulu,” ucapnya.

Dalam beberapa pekan terakhir tim Densus 88 dikabarkan melakukan penindakan di sejumlah daerah di Jatim. pada Jumat, 28 Oktober 2022, Densus dikabarkan menangkap tiga terduga teroris di Kabupaten Sumenep, Madura. Dua hari kemudian, Minggu, 30 Oktober 2022, seorang terduga teroris berinisial SN diamankan di Kabupaten Magetan. SN berasal dari Sumenep, Madura.