Moeldoko Kenang Kesetiaan Sang Istri, Selalu Dampingi Tugas Sejak 1985

Pemakaman istri Moeldoko
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA Nasional – Suasana haru menyelimuti proses pemakaman almarhumah Koesni Harningsih, istri Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bahagia, Tangerang Selatan, Minggu, 12 Maret 2023.

Moeldoko pun nampak tertunduk dalam proses pemakaman sang istri. Ia pun penuh kesetiaan dan ketabahan, terus mendampingi peti sang istri. Begitu juga dengan kedua anaknya, Randy Bimantara dan Joanina Rachma, juga mendampingi Moeldoko.

Peti jenazah almarhumah yang diselimuti bendera merah putih, sudah siap di liang kubur. Sekitar pukul 13.50 Wib, peti jenazah dimasukkan ke liang kubur, tempat peristirahatan akhir almarhumah Koesni Harningsih.

Mulai dari prosesi penaburan tanah merah sampai tabur bunga, seluruh anak menantu dan cucu Moeldoko, ikut serta mendampingi ke samping liang kubur. Prosesi pemakaman pun dilakukan dengan cara militer.

Bukan hanya keluarga, prosesi pemakaman jug dihadiri sejumlah pejabat negara. Seperti Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko, menceritakan tentang kesetiaan almarhumah yang selalu mendampingi selama dirinya bertugas.

"(Sejak) 24 September 1985, istri saya mendampingi saya selama bertugas. Mendedikasikan hidupnya untuk prajurit-prajurit, saya dan istrinya (prajurit). Saya ucapkan terima kasih," katanya.

Jenazah istri Moeldoko dibawa ke pemakaman

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana

Dia juga sangat berterima kasih kepada para pejabat, senior dan juga para sahabat, yang telah hadir dalam pemakaman sang istri. Mulai dari Mendagri Tito Karnavian, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Mantan Menteri Pertahanan, Mantan Gubernur Lemhanas, dan lainnya.

"Pastinya saudara-saudara saya, yang sangat setia kepada almarhumah yang saya banggakan, atas nama keluarga saya mengucapkaan terima kasih setinggi-tingginya. Kepada Panglima TNI, Pangdam Jaya, yang telah menyelenggarakan upacara militer untuk istri saya," ungkapnya.

Seperti diketahui, Almarhum Koesni, meninggal dunia pukul 04.49 WIB. Yang langsung disemayamkan di rumah duka yang berada di Jalan Terusan Lembang D54 Menteng - Jakarta Pusat. Lalu, dimakamkan di TMP Bahagia Tangerang Selatan.