Gempa Blitar Tak Dipengaruhi Gempa Lain

peta wilayah Indonesia yang berpotensi rawan gempa
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Gempa dengan kekuatan 6,1 skala Richter mengguncang Blitar, Jawa Timur, Selasa 17 Mei 2011 pukul 07.14 Waktu Indonesia Barat (WIB). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), memastikan bahwa pusat gempa berada di 170 kilometer tenggara Blitar, di kedalaman 25 kilometer.

Menurut ahli gempa dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Danny Hilman, daerah selatan pulau Jawa sering mengalami gempa dengan 6 skala richter. Tapi gempa-gempa itu tidak saling berhubungan.

"Gempa di Blitar itu tidak dipengaruhi oleh gempa yang selama ini terjadi di daerah-daerah selatan yang lain," kata Danny saat dihubungi oleh VIVAnews.com, Selasa, 17 Mei 2011.

Danny Hilman mengatakan daerah selatan Pulau Jawa memang terdapat kantung-kantung yang menimbulkan gempa. Jadi tidak aneh kalau sering terjadi gempa dengan skala yang kecil.

Hingga saat ini belum dapat ditelusuri daerah-daerah mana di selatan Pulau Jawa yang berpotensi gempa.  Sulit memprediksinya secara akurat. Itu sebabnya Danny mengusulkan agar pemerintah kembali mengintensifkan penelitian-penelitian khusus di selatan itu.