SBY Salat Id Bersama Ribuan Umat di Istiqlal

Shalat Ied di Masjid Istiqlal, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA/ Widodo S. Jusuf

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pagi ini menunaikan salat Id bersama ribuan umat muslim di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Ibadah yang menandai 1 Syawal ini dijadwalkan mulai pukul 07.00, Rabu, 31 Agustus 2011.

Selain keluarga presiden, Wakil Presiden Boediono dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu II juga dijadwalkan mengikuti salat Id di Istiqlal.

Sepulang dari sana, Presiden Yudhoyono akan menggelar open house untuk kalangan menteri, pimpinan lembaga tinggi negara, tokoh, pejabat, dan para duta besar sekitar pukul 09.00. Sementara bagi masyarakat umum, kesempatan bersilaturahmi dengan presiden dijadwalkan pukul 15.00-17.00.

Lewat sidang isbat yang digelar di Kementrian Agama, pemerintah memutuskan hari pertama Idul Fitri jatuh pada hari ini. Meski demikian, sejumlah umat muslim dan pejabat ada yang telah merayakannya kemarin. Mereka antara lain Ketua MPR Hidayat Nurwahid dan para pejabat Muhammadiyah seperti Din Syamsuddin.

Perbedaan penentuan Idul Fitri juga terjadi di mancanegara. Ada yang sudah merayakan Idul Fitri kemarin seperti kawasan Uni Emirat Arab, Kuwait, Bahrain, Yaman, Mesir, Yordania, Sudan, Palestina, Syria, dan Lebanon. Sementara Kesultanan Oman, seperti Pemerintah Indonesia, baru memulai 1 Syawal hari ini.