Pimpinan DPR Pertemukan Banggar dan KPK

Diskusi Dialektika Demokrasi : Priyo Budi Santoso
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Pimpinan DPR menuruti permintaan Badan Anggaran (Banggar) DPR untuk menggelar rapat konsultasi dengan pimpinan KPK, Kepolisian dan Kejaksaan. Rapat dijadwalkan di Gedung DPR, Selasa, 26 September 2011.

"Secara informal semua sudah mengonfirmasi bisa, surat resmi sudah dikirim," kata Wakil Ketua DPR, Priyo Budi Santoso, Senin, 26 September 2011.

Menurut Priyo, agendanya soal persepsi pembahasan APBN sesuai Undang-undang Keuangan Negara dan Undang-undang MPR, DPR, DPD, dan DPRD, serta Tata tertib DPR. "Saya jamin tidak ada pembicaraan mengenai imunitas," katanya.

Priyo menegaskan, keberatan Banggar yang disampaikan kepada pimpinan dewan terkait pemeriksaan di KPK sebagai saksi, tapi pertanyaan mengarah pada mekanisme pambahasan anggaran. Padahal, kebijakan Banggar diambil bersama pemerintah. Sementara, pemerintah tidak dimintai keterangan serupa.

Usai rapat konsultasi itu, Pimpinan DPR akan meminta Banggar melanjutkan kembali pembahasan APBN 2012. Sebab, ancaman Banggar untuk mengembalikan mandat pembahasan anggaran kepada pimpinan DPR bisa berdampak besar bagi rakyat. "Usai rapat, pimpinan minta Banggar kembali bekerja membahas APBN."