KTT ASEAN, Pasukan Katak Pantau Laut Bali

Pengamanan KTT ASEAN 2011.
Sumber :
  • VIVAnews/Denny Armandhanu

VIVAnews - Perhelatan KTT ASEAN ke-19 dan KTT Asia Timur tinggal beberapa hari lagi. Sejumlah persiapan tengah dimatangkan, termasuk pengamanan jalannya pertemuan yang bakal dihadiri Presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

Pengamanan kali ini begitu menyita perhatian. Beberapa hari sebelum pelaksanaan, Komando Pasukan Katak (Kopaska) sudah melakukan penyisiran laut Bali.

Penyisiran dilakukan mulai Benoa hingga ke Nusa Dua, lokasi di mana konferensi itu bakal digelar. Tiga unit kapal dikerahkan dalam operasi ini. Di antaranya satu kapal combat boat dan dua sea reader.

“Patroli untuk sterilisasi jelang kegiatan. Hari ini kami lakukan ke arah selatan sejauh 3 mil,” kata Komandan Detasemen Paska Armatim TNI AL, Mayor Laut (P) Yudho Ponco, Sabtu 12 November 2011.

Patroli, dia mengatakan, dilakukan untuk mengantisipasi gangguan semacam teror yang datangnya dari laut selama berlangsungnya pertemuan. Meski demikian, dalam patroli kemarin tidak ditemukan gangguan berarti.

Hanya beberapa kapal wisatawan dianggap melebihi batas layar, sehingga perlu pengaturan lebih jauh selama berlangsungnya konferensi.

KTT ASEAN ke-19 dan KTT Asia Timur akan berlangsung pada 17-19 November 2011. Menurut jadwal, Barack Obama akan tiba di Bali pada Rabu 16 November 2011. Obama akan bertemu dengan 10 kepala negara ASEAN dan 8 mitra wicara ASEAN. (Laporan: Bobby Andalan | Bali, art)