Cessna Hilang, SAR Sisir DKI-Cirebon-Bandung

Pesawat Cessna 182
Sumber :
  • Dokumen: Flyingcannon.com

VIVAnews - Pesawat latih Cessna 172 berpenumpang tiga orang hilang kontak saat dalam penerbangan dari Jakarta menuju Cirebon, Jawa Barat. Tim SAR menyisir beberapa lokasi dengan rute Jakarta-Cirebon-Bandung.

"Kami menyisir lokasi antara Cirebon-Jakarta, dan Cirebon-Bandung," kata Kepala Badan SAR Nasional Marsekal Muda Daryatmo, dalam perbincangan dengan VIVAnews.com, Rabu 16 November 2011.

Menurut Daryatmo, pencarian dengan di tiga arah itu dilakukan sesuai dengan rencana rute penerbangan pesawat latih milik Sekolah Penerbangan Nusa Flying International School itu.

Pesawat terbang dari Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, sekitar pukul 07.40 WIB. Pesawat menuju Lapangan Terbang Cirebon dan memutar kembali menuju Lapangan Terbang Budiarto Curug, Tangerang.

Jadwalnya, pesawat harusnya mendarat di Curug Tangerang sekitar pukul 09.53 WIB. Pesawat hilang kontak sekitar pukul 08.19 WIB. Tapi menurut Daryatmo, pesawat biasanya melaporkan kondisinya saat berada di atas langit Cibarusah, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

"Saat melintas Jakarta itu ada namanya check point Barus. Lokasinya itu ada di atas Cibarusah. Nah, di titik ini juga tidak ada laporan kontak," kata mantan Kepala Dinas TNI Angkatan udara ini.

Hingga pukul 16.30 WIB ini, belum ada laporan keberadaan pesawat. Pesawat itu berisi tiga orang, satu orang instruktur dan dua murid sekolah penerbangan. (umi)