Warga & Polisi Bentrok di Taman Cibodas

Bentrokan sengketa tanah di Makassar
Sumber :
  • ANTARA/ Yusran Uccang

VIVAnews - Ratusan warga sekitar Kawasan Wisata Cibodas (KWC) yang merupakan bagian Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGP) kabupaten Cianjur, Jawa Barat bentrok dengan petugas kepolisian.

Bentrok terjadi di depan gerbang masuk tempat retribusi kawasan ini, Sabtu 25 Agustus 2012. Akibatnya tiga warga yang dianggap provokator diamankan polisi.

"Kami menangkap ketiga orang karena diduga sebagai provokator yang menyebakan bentrokan antar warga dan polisi," kata Kapolres Cianjur, Agustri Heryanto, Sabtu 25 Agustus 2012.

Peristiwa itu diawali dengan aksi demonstrasi ratusan massa yang menuntut dihapuskannya retribusi masuk KWC. Aksi pun sempat diwarnai dengan bakar ban bekas akhirnya makin memanas setelah ada yang melempar kaca pos retribusi KWC hingga hancur.

Polisi dari Polres Cianjur yang berada lokasi pun langsung bertindak dan akhirnya kedua belah pihak terlibat bentorkan.

Menurut para pendemo, adanya retribusi masuk KWC menimbulkan protes dan keluhan dari para pengunjung, lantaran terlalu banyak pungutan. Itu juga yang menjadi penyebab jumlah pengunjung ke KWC terus berkurang.

Ada penarikan retribusi juga tidak diimbangin dengan perbaikan fasilitas dan infrastruktur jalan di tempat wisata tersebut.

Hingga saat ini belum ada tanggapan dari pengeolala Kawasan Wisata Cibodas (KWC) terkait aksi protes warga menuntut dihapuskannya retribusi. (adi)