Peringati May Day, Aliansi Buruh Minta Gelar Aksi Tak Anarkis

Para buruh mulai bergerak ke Istora Senayan dalam peringatan May Day.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Andrew Tito

JakartaAliansi buruh yang tergabung dalam sejumlah organisasi akan menggelar unjuk rasa atau demonstrasi pada aksi Mayday pada Rabu, 1 Mei 2024.

Ojol di Medan Borong Martabak yang Viral usai Berseteru dengan Petugas Dishub

Para buruh tersebut bakal turun ke jalan untuk menuntut pencabutan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja, UU Kesehatan, UU Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK), dan mewujudkan Jaminan Sosial Sepanjang Hayat.

Panglima aksi damai buruh, Arif Minardi mengatakan peserta aksi akan berdatangan dari tiga provinsi yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten serta ditambah perwakilan dari beberapa provinsi. Bahkan, aksi yang sama juga dilakukan secara serentak di daerah.

Massa Gelar Aksi di Mabes Polri, Dukung Kapolri Berantas Premanisme di Muratara

"Kami minta seluruh pekerja yang melakukan aksi untuk menjunjung tinggi nilai-nilai budaya aman dan damai," kata Arif dalam keterangannya pada Selasa, 30 April 2024.

Aksi Buruh Peringati May Day 2023

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Lindungi Pekerja dan Keluarganya, Menaker Tekankan Pentingnya Kesehatan Reproduksi di Tempat Kerja

Arif juga mengatakan, aksi buruh ini merupakan gerakan moral dalam memperjuangkan hak buruh, sehingga untuk para pendemo diimbau agar tetap waspada dengan adanya gerakan yang dapat merusak perjuangan.

Salah satunya adalah kelompok anarko, yang mana selalu memanfaatkan aksi buruh dengan menyusup kedalam demo untuk provokasi anarkis.

"Ini merupakan gerakan moral dalam memperjuangkan hak buruh, sehingga diiimbau agar tetap waspada dengan adanya gerakan yang dapat merusak perjuangan para buruh," ujarnya.

Sebab, kata dia, gerakan anarko yang menyusup dipastikan bakal merusak jalannya aksi demonstrasi yang damai. Terlebih, gerakan tersebut tidak murni mendukung perjuangan buruh dan keberadaannya cenderung merusak citra dan perjuangan hak para buruh.

Maka itu, Arif mewanti-wanti kepada seluruh elemen masyarakat yang ikut dalam aksi besok agar tidak terpancing yaitu waspada gerakan anarko menyusup kedalam aksi Mayday 1 Mei 2024, waspada kelompok anarko menyusup di aksi demo buruh. "Aksi buruh diharapkan tidak ditunggangi kelompok perusuh, dan waspada anarko tunggangi aksi buruh,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya