Jenderal Pramono Edhie: Saya Senang Jadi Jenderal

Jenderal Pramono Edhie Wibowo
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVAnews - Jajak pendapat Lembaga Survei Nasional (LSN) menyebut masyarakat rindu sosok pemimpin yang bersih dan tegas. Survei itu menunjukkan calon presiden berlatar belakang TNI memiliki peluang besar.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo, mengatakan hasil survei itu merupakan pendapat yang bagus. "Sosok pemimpin yang tegas dari kalangan militer? Itu pendapat masyarakat yang sangat bagus," kata Pramono di Markas Besar TNI AD, Jakarta, Senin 22 Oktober 2012.

Hasil survei LSN itu menunjukkan dua mantan anggota TNI, Prabowo Subianto dan Wiranto, banyak dipilih oleh responden. Prabowo dipilih oleh 20,1 persen responden. Sementara Wiranto dipilih oleh 12 persen responden. Kemudian baru menyusul Jusuf Kalla. Dalam kategori ketegasan, Prabowo tetap memimpin dengan 59,8 persen.

Dengan hasil itu, tambah Pramono, masyarakat tak perlu mencari sosok dari kalangan militer yang lain. "Sekarang banyak tidak calon dari militer yang mengatakan siap jadi capres? Ada dua kan mantan militer yang menyatakan siap. Pilihlah yang ada. Jangan cari yang tidak ada," ujar adik ipar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini.

Selama ini, nama Pramono juga disebut-sebut sebagai salah satu calon presiden yang potensial  pada pemilu 2014 mendatang. Bahkan, namanya dikait-kaitkan dengan sejumlah partai politik. Namun, Pramono enggan menanggapi rumor seputar berita itu. "Saya senang kok jadi jenderal," ucap Pramono.

Berikut nama-nama calon presiden yang dinilai memiliki ketegasan dalam survei LSN:
1. Prabowo Subianto 59,8%
2. Wiranto 59,3%
3. M Jusuf Kalla 48,1%
4. Megawati Soekarnoputri 32,2%
5. Aburizal Bakrie 27,9%
6. Mahfud MD 25,5%
7. Susilo Bambang Yudhoyono 24,9%
8. Hatta Rajasa 23,9%
9. Anas Urbaningrum 8,0%