Kesal ke Wasit Shen Yinhao, STY: Dia Harus Dipecat dari Sepakbola

Shin Tae-yong
Sumber :
  • PSSI

QATAR – Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae yong meluapkan amarahnya terhadap wasit Shen Yinhao yang dianggap merugikan Garuda Muda saat menghadapi Uzbekistan di laga semifinal Piala Asia U23 Senin, 29 April 2024 malam.

Elkan Baggott dan Maarten Paes Tak Dipanggil Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia Vs Irak

Saking geramnya dengan keputusan Yinhao, Shin Tae-yong bahkan sampai meluapkan emosinya dan meminta wasit asal China itu untuk diberhentikan dari sepakbola.

“Wasit asal China seperti ini harus dipecat selamanya dari sepak bola,” tulis Shin Tae-yong dalam akun Instagram @vivagoal pada Selasa 30 April 2024.

PSSI: 50 Ribu Tiket Timnas Indonesia Sudah Terjual

Sebagai informasi, keputusan kontroversial Shen Yinhao diawali dari tidak menghadiahi penalti untuk Indonesia saat Witan Sulaeman yang sedang menggiring bola dijegal oleh pemain Uzbekistan, Abdukodir Khusanov.

Tiket Timnas Indonesia Mahal, PSSI Minta Maaf

Shen Yinhao justru memerintahkan Garuda Muda untuk melakukan tendangan bebas dari sisi kanan pertahanan Uzbekistan. Namun setelah mengecek VAR, Yinhao justru membatalkan tendangan bebas tersebut dengan alasan Witan tidak dilanggar.

Keputusan yang dianggap kontroversi lainnya yakni, saat Shen Yinhao menganulir gol Muhammad Ferarri yang terjadi pada menit ke-60.

Setelah melihat VAR selama kurang lebih lima menit, dia menilai Ramadhan Sananta berada di posisi offside sehingga gol tidak sah.

Kontroversi terakhir yakni saat kapten Timnas Indonesia, Rizky Ridho dihadiahi kartu merah oleh Shen Yinhao. Ridho dianggap melakukan pelanggaran keras terhadap Jaloliddinov pada menit ke-83.

Pemain Timnas Indonesia U-23 Muhammad Ferarri

Photo :
  • AFP/KARIM JAAFAR

Terlepas dari kontroversi tiga keputusan tersebut, Indonesia harus lapang dada menerima kekalahan atas Uzbekistan 0-2. Berikutnya, Garuda Muda akan menghadapi Irak dalam perebutan posisi ketiga Piala Asia U23 pada Kamis, 2 Mei 2024 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya