Dipindah ke Lapas Gunung Sindur, Gayus Tetap Diisolasi

Gayus Tambunan
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVA.co.id - Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Hukum dan HAM Jawa Barat, Agus Thoyib, memastikan, narapidana kasus korupsi pajak Gayus Tambunan telah resmi dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat, Selasa, 22 September 2015.

Gayus akan menghuni lapas tahanan khusus narkoba dengan pengamanan ekstra ketat oleh petugas lapas, BNN, polisi dan TNI. Nantinya, setelah tiba di Lapas yang baru dibangun pada tahun 2010 itu, Gayus akan tetap diisolasi.

"Di sana masih diisolasi, karena kan melanggar. Sama seperti di sini (Sukamiskin) hukumannya juga diisolasi," kata Agus Thoyib kepada VIVA.co.id.

Agus belum dapat memastikan kapan masa isolasi terhadap Gayus Tambunan akan berakhir. Menurut dia, masa isolasi itu akan berakhir tergantung pertimbangan Kepala Lapas yang akan melihat perkembangan dan melakukan penilaian terhadap Gayus selama diisolasi.

"Itu nanti kewenangan Kalapas," ujarnya.

Sebelumnya, Gayus Tambunan dipindahkan dari Lapas Sukamiskin Kota Bandung, ke Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, dengan pengawalan ketat aparat Kepolisian bersenjata lengkap. Gayus akan menghuni penjara dengan pengamanan ekstra ketat, yang dilengkapi CCTV.

Gayus dipindah lantaran fotonya mencuat sedang makan di sebuah restoran yang diduga di Jakarta. Foto tersebut diunggah Baskoro Endrawan melalui akun Facebook-nya.

Kemenkumham kemudian membenarkan bahwa Gayus sempat minta izin karena harus menghadiri sidang gugatan cerai dari istrinya pada 9 September 2015. Namun, di sela-sela persidangan, Gayus sempat mampir ke sebuah restoran untuk makan siang.

(mus)