Kurir Senjata Santoso Ditangkap di Perbatasan Filipina

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Foe Peace Simbolon

VIVA.co.id – Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengatakan, belum lama ini pihaknya telah menangkap seorang kurir senjata yang akan menjual barangnya ke jaringan teroris Santoso.

Kurir senjata itu, kata Badrodin, ditangkap di kawasan dekat perbatasan RI - Filipina.

"Yang kita ungkap yang lalu itu, Santoso akan membeli senjata, kemudian kurirnya bisa kita tangkap di Bitung, itu yang akan ke Filipina," ujarnya di kawasan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Selasa, 24 Mei 2016.

Penangkapan ini lantas menimbulkan indikasi, bahwa kelompok Santoso memiliki hubungan dengan kelompok militan Abu Sayyaf yang beroperasi di kawasan Filipina Selatan. Menurut Badrodin, kemungkinan adanya hubungan antara kedua kelompok milisi bersenjata ini cukup terbuka.

"Pasti dari komunikasi ada hubungan. Apakah hubungan dengan pembelian senjata, atau terkait pelatihan, atau mungkin terkait aksi terorisme, ini terus kita ikuti," kata dia.

Sejauh ini, hubungan ini baru terungkap dari keberhasilan menangkap kurir pengiriman senjata di Bitung, Sulawesi Utara. "Ya selama ini yang kita ungkap dalam rangka pembelian senjata," tambahnya.