150 Rumah di Pangandaran Terendam Akibat Banjir Laut Pasang

Gelombang pasang di perairan Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO

VIVA.co.id – Sebanyak 150 rumah di Dusun Majingklak, Desa Pamotan, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, terendam banjir akibat laut pasang.

Kepala Seksi (Kasie) Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat, Alif Nur Anhar, mengatakan fenomena alam itu terjadi pada Kamis 15 Desember 2016 pada pukul 21:30 WIB.

"Kedalaman air mencapai 60 centimeter dan banjir air laut pasang juga merendam akses jalan dari arah Kalipucang menuju Pelabuhan Majingklak sepanjang 500 meter," kata Alif, Jumat 16 Desember 2016.

Alif mengatakan, warga setempat sempat mengalami kepanikan lantaran takut terjadi banjir lebih besar. Namun, dengan kondisi tersebut warga yang terendam tidak ada yang memilih mengungsi dan tetap menjaga harta bendanya.

"Sempat membuat panik warga setempat. Namun mereka bertahan di rumah masing-masing," ujarnya.

Alif mengatakan, rumah warga terendam akibat banjir pasang terjadi dalam waktu kurang lebih tiga jam. Warga setempat saat ini tengah membersihkan sisa lumpur dan sampah yang hinggap dikediaman masing - masing akibat arus banjir tersebut.

"Sampai dengan pukul 24:00 WIB, air mulai surut dan warga berupaya membersihkan rumah dari lumpur dan sampah yang masuk dalam rumah," lanjut dia.

(ren)