Nasdem Bantah Siap Dukung Anies Baswedan di Pilpres 2024

Ilustrasi Nasdem
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

VIVA – Sekretaris Jenderal Nasdem, Johnny G Plate membantah partainya akan mendukung Gubernur DKI Anies Baswedan di Pilpres 2024. Partainya hanya meminta Anies bekerja lebih hebat lagi sebagai gubernur.

"Ada yang bilang Nasdem akan usung Anies. Yang ada minta Anies kerja hebat lagi, sesuai dengan kemampuan dia, yang dinilai masih ada yang belum digunakan sepenuhnya," kata Johnny di komplek parlemen, Jakarta, Rabu 24 Juli 2019.

Ia menegaskan tak ada yang mengatakan soal dukungan Nasdem ke Anies untuk Pilpres 2024. Adapun soal pertemuan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh dengan Anies, memang sudah lama direncanakan.

"Sekarang kebetulan bertemunya, sama. Kita juga tidak tahu ibu Mega bertemu sama Pak Prabowo, kebetulan harinya sama," jelas Johnny.

Kemudian, ia menekankan kembali pernyataan Surya Paloh bahwa Ketum Nasdem itu hanya ingin Anies meningkatkan kinerja demi kepentingan warga Jakarta.

"Kami bukan pendukung Anies. Tapi untuk kepentingan warga Jakarta kita harus dukung Anies untuk Jakarta maju jangan sampai Jakarta enggak maju," kata Johnny.

Dia menceritakan saat itu awak media pun bertanya soal peluang Anies didukung pada 2024. Lalu Surya menjawab boleh saja tapi bergantung kinerja.

"Bagus ya silahkan nanti kan, sekarang pilpres saja belum dilantik. Eggak ada ngomong gitu (Nasdem dukung Anies). Kalau mau ditanya bagaimana pelantikan presiden, bagus hebat. kok ngomong 2024, yang ini saja belum dilantik," kata Johnny.

Bukan Orang Asing

Partai NasDem menyampaikan Figur Anies Baswedan bukanlah orang asing bagi parpol yang dimotori Surya Paloh itu. Ketua DPP Partai Nasdem, Willy Aditya, menyebut Anies memang memiliki kedekatan yang baik pula dengan Surya Paloh secara langsung.

"Dia (Anies) punya hubungan emosional yang cukup bagus dengan Pak Surya Paloh. Dalam keluarga Nasional Demokrat beliau bukan orang asing," ujar Willy di kantor DPP NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu, 24 Juli 2019.

Willy menyampaikan, Anies juga dianggap sosok yang berprestasi karena berhasil menjadi kepala daerah. NasDem memang memiliki potensi untuk mendukung Anies maju sebagai capres di Pilpres 2024. "Politik kan dinamis," ujar Willy.

Willy juga mengemukakan, Anies harus senantiasa menjaga hubungan baiknya dengan NasDem sebelum benar-benar maju di Pilpres 2024. NasDem ingin melihat komitmen dan konsistensi Anies.

"Ini satu hal yang kemudian harus dijaga, bahasanya komunikasinya, silaturahmi enggak boleh putus," ujar Willy.