Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Selasa, 25 Februari 2020 | 08:21 WIB

Ade Armando Kecewa Ahok Kini Membabi Buta Serang PSI

Team VIVA »
Ezra Sihite
Foto :
  • IG BTP
Basuki Tjahaja Purnama atau BTP.

VIVA – Pengamat dan Pakar Ilmu Komunikasi FISIP UI Ade Armando kali ini berbicara mengomentari Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama. Melalui acaranya yang diberi tajuk "Logika Ade Armando", pria ini menyayangkan soal Ahok yang menyerang Partai Solidaritas Indonesia (PSI) secara terbuka. Padahal PSI termasuk pendukung Ahok pada saat pilkada.

"Saya sih selalu percaya orang baik seharusnya bersatu dengan orang baik melawan orang-orang jahat. Ahok orang baik, PSI adalah juga kumpulan orang-orang baik," kata Ade Armando sebagaimana diunggah dalam akun YouTube Cokro tv sekitar 10 jam lalu.

Baca Juga

"Karena itu saya enggak paham mengapa Ahok menjelekkan orang-orang PSI yang pernah mendukungnya dengan tulus," kata Ade.

Diketahui saat peluncuran bukunya di sebuah kantor media massa beberapa waktu lalu, Ahok memang menyinggung soal tak mau masuk PSI karena takut namanya dicatut untuk melambungkan nama partai baru itu. Oleh karena itu pula dia mengaku memilih buru-buru masuk PDIP usai keluar penjara akibat kasus penistaan agama.

Terpopuler

Menurut Ade, alasan Ahok kemudian benci PSI tak jelas. Hanya karena disebut ada utusan PSI yang pernah datang ke Mako Brimob tempat Ahok ditahan dan meminta Ahok bergabung dengan PSI. Hal itu disebut akan bisa menggenjot perolehan suara PSI.

"Kalian ini saya sudah masuk penjara masih saja dimanfaatkan," kata Ade Armando menirukan jawaban Ahok yang pernah disampaikan Ahok tersebut ke publik. 

Tak hanya itu Ahok menyebut bahwa PSI merupakan partai yang belum teruji dan bisa menggerogoti PDI Perjuangan. Oleh karena itu Ahok meminta agar orang-orang memilih partai nasionalis besar.

"Bagi saya sikap Ahok itu mengecewakan. Sikap Ahok ini adalah contoh terbaik tentang bagaimana perjuangan di dalam masyarakat sipil dihabisi oleh pertikaian di dalam diri sendiri," kata Ade lagi.

Namun demikian menurutnya hingga saat ini dirinya tak sedikit pun meragukan integritas Ahok.

"Tapi mungkin cara berpikirnya yang sangat sederhana atau mungkin juga dia baperan (terbawa perasaan). Pasti ada sesuatu yang membuatnya marah pada PSI. Tapi kemarahannya itu membuatnya gelap mata dan kebaperannya itu jelas digunakan oleh kelompok-kelompok yang membenci PSI," lanjut dia. 

Terlepas dari kebencian Ahok terhadap PSI, Ade mengingatkan bahwa orang-orang di PSI yang dia kenal adalah orang-orang yang bisa diandalkan dan berani.

"Mana ada ketua parpol yang bertetnik Tionghoa, perempuan, beragama Kristen dalam pidatonya menyuarakan perlawanan atas penindasan terhadap kaum minoritas. Cuma Grace Natalie yang berani melakukan itu. Ahok pun saya yakin tidak berani," kata Ade Armando. 

Dia menilai selama ini karena PSI berani bersuara maka justru jadi serangan pihak tertentu dengan basis SARA. Ade mengatakan karena itu tak paham dengan Ahok yang juga cenderung ikut menyerang PSI. Padahal PSI patut diandalkan antara lain dengan membongkar mismanajemen di Pemprov DKI di bawah Anies Baswedan. Hal itu diungkap kader PSI di DPRD DKI Jakarta.

"Ahok harusnya sadar perjuangan Indonesia memerlukan kerja sama," kata Ade.

Topik Terkait
Saksikan Juga
VIDEO: Penting! Anies Beberkan Peraturan PSBB di Jakarta
BERITA - sekitar 1 bulan lalu
Terbaru