Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Insight

Informasi

Dari Nadiem hingga Prabowo: Pemilihan Kabinet Reality Show ala Jokowi

Selasa, 22 Oktober 2019 | 09:44 WIB
Oleh :
Foto :
  • abc
Pemanggilan calon Menteri di hari pertama, Senin 21 Oktober 2019, berlangsung hingga sore hari yang ditutup dengan kedatangan Prabowo Subianto - Ketua Umum Partai Gerindra, mantan rival Jokowi di Pemilu.

Di hari pertama masa kerjanya (21/10/2019), Presiden Indonesia Jokowi memanggil sejumlah calon Menteri ke Istana Kepresidenan RI. Sebagian besar calon berasal dari kalangan profesional. Ada wajah lama seperti Mahfud MD hingga wajah baru seperti Nadiem Makarim.

Ada pula sosok yang selalu mendukung Jokowi di masa kampanye seperti Erick Thohir, hingga sosok yang menjadi rivalnya di Pemilu, Prabowo Subianto.

Baca Juga

Tanpa lampu sorot dan panggung megah, satu per satu calon Menteri Kabinet Jokowi Jilid II itu muncul ke Istana dari pagi.

Semua calon kompak mengenakan atasan kemeja berwarna putih.

Bak bintang reality show di televisi, mereka melambai ke arah penonton -dalam hal ini para jurnalis yang menyapa dan bidikan kamera fotografer -sebelum masuk Istana.

Keluar dari Istana, mereka kembali disambut para pewarta.

Sebagian besar mau berbagi cerita.

"Saya tadi dipanggil oleh Bapak Presiden. Intinya saya diminta beliau untuk menjadi salah seorang Menteri, yang kalau tidak berubah akan dilantik besok lusa hari Rabu. Pagi sudah berkumpul di sini," kata mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD, di tengah sorotan kamera.

Mahfud menuturkan Presiden mengajaknya berdiskusi seputar pelanggaran hak asasi manusia dan penegakan hukum. Politisi asal Madura ini menyebut Presiden memiliki data yang sangat detil dan terukur tentang masalah di kedua isu itu.

Calon Menteri yang muncul berikutnya adalah CEO start-up decacorn Go-Jek, Nadiem Makarim. Ia juga tak enggan berbagi kisah pertemuannya pagi itu dengan Presiden Jokowi.

"Dari dulu misi saya kepada Go-Jek itu adalah menampilkan Indonesia di dalam panggung dunia, jadi ini suatu kelanjutan dari misi itu. Tapi sekarang kepentingannya untuk negara dan dalam skala yang besar," papar Nadiem.

"Beliau meminta saya dengan tanggung jawab ini dan saya menerima dan saya sangat senang sekali hari ini karena ini menunjukkan bahwa kita siap maju ke depan dan siap berinovasi ke depan," imbuh pria lulusan Amerika Serikat ini.

Menyusul hadir setelah Nadiem adalah praktisi media, Wishnutama, dan pendiri Mahaka Group, Erick Thohir serta beberapa tokoh lain.


Sejumlah tokoh yang mendatangi Istana Kepresidenan RI (21/10/2019). Kiri: Wishnutama, kanan: Nadiem Makarim, tengah atas: Erick Thohir, tengah bawah: Mahfud MD.

Supplied

Pemanggilan calon Menteri di hari pertama berlangsung hingga sore hari yang ditutup dengan kedatangan Prabowo Subianto -Ketua Umum Partai Gerindra, mantan rival Jokowi di Pemilu.

Sama seperti calon lainnya, Prabowo -yang didampingi Wakil Ketua Umum Gerindra, Edhy Prabowo -juga mengenakan atasan putih.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler