Mundjidah, Putri Wahab Chasbullah Pimpin PPP Jatim

Mundjidah menerima SK dari DPP PPP.
Sumber :
  • VIVA/ Nur Faishal.

VIVA - Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan akhirnya menetapkan Mundjidah Wahab sebagai Ketua DPW PPP Jawa Timur periode 2021-2026. Memimpin partai berlambang Ka'bah, putri dari salah satu pendiri Nahdlatul Ulama, KH A Wahab Chasbullah alias Mbah Wahab, itu dipasangkan dengan Habib Salim Quraisy sebagai sekretaris.

Kepastian itu diperoleh setelah Sekretaris Jenderal Arwani Thomafi menyerahkan SK yang diterima langsung oleh Mundjidah di kantor DPP PPP Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Selasa malam, 21 September 2021. Keputusan diambil setelah DPP menerima hasil rapat tim formatur yang terbentuk dari Musyawarah Wilayah IX DPW PPP Jatim beberapa bulan lalu.

Di pemerintahan, Mundjidah kini menjabat Bupati Jombang. Dia juga aktif sebagai Ketua PC Muslimat NU kabupaten setempat.

Sejak awal, namanya memang kuat digadang sebagai Ketua PPP Jatim, menggeser ketua sebelumnya, Musyafak Noer. Sebab, Mundjidah disebut didukung Ketum PPP Suharso Monoarfa.

Baca juga: Kembali ke PPP, Haji Lulung Jabat Ketua DPW DKI

Arwani mengatakan duet Mundjidah dan Habib Salim diharapkan dapat mempercepat akselerasi konsolidasi PPP di Jawa Timur.

“Duet Bu Nyai Mundjidah dan Habib Salim pimpin PPP Jawa Timur diharapkan dapat menguatkan konsolidasi PPP, khususnya dalam menyambut Pemilu 2024," katanya dalam keterangan tertulis.

Mundjidah dan Habib Salim juga tepat karena berasal dari lingkungan pesantren. Mundjidah bagian dari keluarga besar Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang, pesantren yang didirikan oleh Mbah Wahab Chasbullah. Sementara Habib Salim adalah Pengasuh Pesantren Ahlussunnah wal Jamaah Brani, Probolinggo.

Arwani menuturkan, dengan latar belakang pesantren, diharapkan duet Mundjidah dan Habib Salim mampu mengembalikan kejayaan PPP, terutama di Jatim. Sebagai, lanjut dia, sejak awal PPP memang tidak bisa dilepaskan dari peran ulama, kiai, habaih, dan pesantren.

Mundjidah mengaku siap menerima amanah memimpin PPP Jatim. Secepatnya ia akan melakukan konsolidasi kepada pemgurus PPP hingga tingkat daerah, dengan harapan PPP bisa menang di Pemilu 2024 dan semua pilkada.

“Terlebih mengusung kader potensial PPP sendiri,” ujarnya.

“Jadi, sangat penting kolaborasi pengurus PPP di Jawa Timur hingga tingkat desa untuk memperkuat dan mememangkan pemilu juga pilkada. Ini akan terasa ringan bila dikerjakan bersama-sama, bekerja dengan ikhlas. Semoga doa kita semua diijabahi," lanjut Mundjidah.