Karena Latar Belakang Sejarah dan Ideologi PBB dan PDIP, Yusril Akan Temui Megawati

Pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra.
Sumber :
  • YouTube Indonesia Lawyers Club.

VIVA Politik – Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra mengaku berencana bertemu dengan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri untuk membahas persoalan ketatanegaraan, termasuk sistem pemilu 2024.

Menurut Yusril, saat ditemui di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis, 9 Maret 2023, jadwal pertemuan tengah dicari Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto. "Pada saat saya bertemu langsung, kami sudah sepakat untuk membahas soal ketatanegaraan," kata dia.

Yusril mengatakan silaturahim dengan Megawati bernilai penting, baik bagi PDIP maupun PBB. Ia mengatakan PDIP merupakan salah satu partai yang memiliki kedekatan komunikasi dengan pihaknya.

Megawati Soekarnoputri bersama elite PDIP di sekolah PDIP, Lenteng Agung.

Photo :
  • VIVA.co.id/Ahmad Farhan Faris

"Yang paling dekat adalah bisa berkomunikasi dengan PPP dan sangat dekat dalam berkomunikasi dengan PDIP sebagai partai nasionalis karena PDIP sekarang ditarik ke belakang ya Partai Nasional Indonesia (PNI), kalau PBB ditarik ke belakang adalah Masyumi," ujarnya.

Selain PDIP melalui pertemuan dengan Megawati, Yusril menyampaikan PBB juga berencana untuk bertemu dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Menurutnya, PBB dan PPP memiliki akar ideologi yang sama, yaitu sebagai partai Islam.

"Ada akar ideologi dan bisa bertemu dan bekerja sama. Pertama kali kami akan bekerja sama dengan PPP," ujarnya.
 
Pelaksana Tugas (Plt.) Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono sebelumnya mengatakan dalam waktu dekat partainya akan bertemu dengan PBB. “Mungkin, waktu dekat ini kita akan bertemu dalam kunjungan antarparpol, tapi mungkin ke PBB dengan Pak Yusril. Saya beri kabar dalam waktu dekat ini,” ujarnya.

Muhamad Mardiono Plt Ketua Umum PPP

Photo :
  • VIVA/Rosikin

 

Ia mengatakan pertemuan antara PPP dan PBB akan digelar di Kantor DPP PPP, Jakarta, pada Senin, 13 Maret 2023. (ant)